Advertorial

Daerah

Survei Indikator:Saat Ini 67,5% Masyarakat Puas Atas Kinerja Presiden Jokowi

          Survei Indikator:Saat Ini 67,5% Masyarakat Puas Atas Kinerja Presiden Jokowi
Survei Indikator:Saat Ini 67,5% Masyarakat Puas Atas Kinerja Presiden Jokowi
BENTENGSUMBAR.COM – Sebagian besar publik menyatakan puas atas kinerja pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi), berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan lembaga Indikator Politik Indonesia pada bulan Juni 2022 ini.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi merincikan data terkait kepuasan publik terhadap kinerja presiden. Publik yang menyatakan sangat puas sebesar 9,7%, cukup puas sebesar 57,8%.

“Jadi total mereka yang puas atau sangat puas 67,5 persen,” kata Burhanuddin dalam paparan hasil surveinya secara daring, Senin (11/7/2022).

Sementara, data juga menunjukkan bahwa mereka yang menyatakan kurang puas atas kinerja presiden angkanya sebesar 25,8%. Sedangkan, yang menyatakan tidak puas sama sekali angkanya sebesar 4,4%.

Sehingga, jika ditotal publik yang tidak puas sebesar 30,2%

Burhanuddin juga mengatakan, bahwa lembaganya turut mempertanyakan alasan dari publik yang menyatakan puas dan tidak puas atas kinerja presiden. 

Untuk mereka yang menyatakan puas, sejumlah alasan yang diungkapkan seperti; pemerintah memberikan bantuan kepada rakyat kecil, pemerintah membangun infrastruktur, Kinerjanya bagus, orangnya merakyat, dan orangnya baik.

“Itu lima alasan paling banyak dipilih responden kenapa mereka puas dari 67,5 persen,” ujarnya.

Sementara, alasan publik yang menyatakan tidak puas diantaranya; harga barang pokok yang meningkat, bantuan tidak merata, lapangan kerja/pengangguran, kemiskinan yang tak kunjung berkurang, hingga dianggap gagal menanggulangi pandemi.

“Jadi banyak alasan disitu,” tutur dia melanjutkan.

Untuk diketahui, survei nasional ini dilakukan pada tanggal 16-24 Juni 2022 kemarin. 

Wawancara dengan responden dilakukan secara tatap muka. Adapun, targer populasi survei ini adalah WNI yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Dalam survei jumlah sampel basis sebanyak 1.200 orang. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. 

Adapun, Margin of error survei ini diperkirakan ±2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »