Advertorial

Daerah

Uji Klinis Fase 3 Vaksin Covid-19 BUMN di Padang Pariaman, Wabup Harapkan Hasil Optimal

          Uji Klinis Fase 3 Vaksin Covid-19 BUMN di Padang Pariaman, Wabup Harapkan Hasil Optimal
Uji Klinis Fase 3 Vaksin Covid-19 BUMN di Padang Pariaman, Wabup Harapkan Hasil Optimal
BENTENGSUMBAR.COM – Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang menerima kunjungan Direktur Bio Farma Honesti Basyir beserta rombongan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Paritmalintang, Selasa, (12/07).

Rahmang didampingi Direktur RSUD Jasnelli MARS, Kepala Dinas Kesehatan dr. Aspinuddin, Forkopimda, serta OPD terkait di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman.

Kunjungan tersebut diadakan dalam rangka Anniver Safari pelaksanaan uji klinis fase tiga vaksin covid-19 BUMN. Kegiatan ini dipusatkan di RSUD Parit Malintang dengan melibatkan 1.187 orang dari total 1.725 relawan dengan rincian MS1 sejumlah 576 orang dan MS2 sejumlah 611 orang.

Vaksin Covid-19 BUMN merupakan vaksin pertama yang pengembangannya dari hulu hingga hilir yang dikembangkan di Indonesia oleh Bio Farma.

Dalam hal ini, Bio Farma bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Sebelumnya, uji klinis juga sudah dilaksanakan di beberapa daerah seperti Jakarta, Makassar, Semarang, dan Lombok.

Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang menyambut baik hal tersebut. Menurutnya, terpilihnya Kabupaten Padang Pariaman sebagai salah satu wilayah penerapan uji klinis vaksin BUMN, merupakan suatu kebanggaan.

“Ini merupakan suatu kebanggaan bagi kita di Kabupaten Padang Pariaman. Semoga dengan adanya sampel di Kabupaten Padang Pariaman ini nantinya hasil uji klinis bisa diukur dengan lebih rasional,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir menyampaikan terima kasih dan apresiasi mendalam kepada semua pihak yang telah mendukung penelitian dan pengembangan vaksin BUMN ini. Menurutnya, keberadaan vaksin ini merupakan wujud kemandirian bangsa dalam menghadapi wabah pandemi covid-19 yang melanda Indonesia.

“Vaksin BUMN ini merupakan karya anak bangsa, karena mulai dari pengembangan bibit vaksin, dilaksanakan di Indonesia dan dilakukan oleh ahli – ahli yang berasal dari Indonesia,” ungkapnya.

Honesti yang merupakan putra daerah asal Sumatera Barat ini turut berharap, uji klinis fase 3 (tiga) ini dapat berjalan dengan lancar sesuai rencana dan memberikan hasil yang maksimal.

Disamping pelaksanaan uji klinis vaksin BUMN, dalam agenda tersebut juga dilaksanakan tebar hewan qurban sejumlah 3 ekor sapi melalui program TJSL Bio Farma (Persero) yang diserahkan lansung oleh Kepala Divisi TJSL Bio Farma kepada Kapolres Padang Pariaman dalam rangka Hari Ulang Tahun Bio Farma ke 132 Tahun. (IKP/AT)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »