Advertorial

Daerah

Irwan Basir: Banyak Tantangan Bagi Pekerja Sosial Masyarakat di Lapangan

          Irwan Basir: Banyak Tantangan Bagi Pekerja Sosial Masyarakat di Lapangan
Irwan Basir: Banyak Tantangan Bagi Pekerja Sosial Masyarakat di Lapangan
BENTENGSUMBAR.COM - Pekerja Sosial Masyarakat (PSM)  adalah orang-orang yang punya kepedulian yang tinggi terhadap permasalahan sosial yang ada di lingkungan masyarakat tempat tinggalnya. Baik itu tentang pendataan masyarakat, kondisi kehidupan sosial ekonomi masyarakat, semuanya adalah bagian dari pekerjaan seorang PSM.

Demikian dikatakan oleh Irwan Basir saat memberikan sambutan pada kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke 77 yang digelar oleh PSM Kota Padang  pada Minggu, 21/8/2022 di Lubuk Minturun Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.

Lebih lanjut dikatakan, Dalam melaksanakan tugasnya,  seorang Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) akan mengalami banyak tantangan di lapangan. Tidak semua pekerjaan baik akan diterima baik oleh masyarakat. Apalagi jika ada yang merasa dirugikan oleh pekerjaan PSM. Dan pasti sasarannya adalah PSM.

"Seorang Pekerja Sosial Masyarakat (PSM)  akan menemui banyak tantangan di lapangan. Dan itu wajar, karena pekerjaan yang dilakukan  bersentuhan langsung dengan masyarakat bawah. Yang namanya masyarakat banyak,  tidak semua pekerjaan baik akan diterima baik oleh mereka. Apalagi jika ada diantara mereka yang merasa dirugikan oleh pekerjaan PSM. Dan pasti sasarannya adalah PSM," ucap mantan Kabid Linjamsos Dinas Sosial Sumbar ini. 

Di samping itu, Irwan Basir juga mengingatkan kepada para petugas PSM agar dalam melakukan tugas di tengah masyarakat harus  melakukan sesuai dengan keadaan kondisi ril yang ditemukan di lapangan. Hal ini guna menghindari jangan ada permasalahan yang timbul di belakangan. 

"PSM dalam melaksanakan tugasnya di tengah masyarakat harus memberikan laporan yang sesuai dengan kondisi riil dilapangan. Hal ini supaya tidak timbul permasalahan di kemudian hari. Kalau itu terjadi, kelak yang jadi sasaran adalah petugas PSM itu sendiri. Tapi kalau kita sudah melaksanakan tugas sesuai dengan aturan yang ada, jika ada masalah yang timbul, akan mudah diselesaikan," ujar Irwan Basir lagi.

Terakhir, Irwan Basir mengatakan, sangat  mendukung kegiatan Peringatan HUT Kemerdekaan  RI ke 77  yang dilaksanakan oleh PSM Kota Padang ini. Jadikan ini sebuah moment untuk menungkatkan rasa kebersamaan sesama petugas PSM.

"Dengan memperingati hari kemerdekaan ini, berarti kita menghargai dan menghormati jasa para pahlawan terdahulu. Mari kita lanjutkan perjuangan mereka dengan mengisi kemerdekaan melalui pekerjaan sosial membantu masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan mereka agar keluar dari garis kemiskinan," katanya.

Editor: Novrianto Ucoxs
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »