Advertorial

Daerah

Wawako Pariaman: PKDP Kota Payakumbuh Harus Sato Sakaki Membangun Daerah

          Wawako Pariaman: PKDP Kota Payakumbuh Harus Sato Sakaki Membangun Daerah
Wawako Pariaman: PKDP Kota Payakumbuh Harus Sato Sakaki Membangun Daerah
BENTENGSUMABR.COM - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) Kota Payakumbuh harus Sato Sakaki dalam membangun Kota Payakumbuh.

"Kita berharap, terbuka peluang yang lebih besar kepada warga Kota Payakumbuh dan sekitarnya yang berasal dari Piaman untuk lebih meningkatkan hubungan persaudaraan, mempererat silaturrahmi, hablum minannas, serta lebih meningkatkan kecintaan terhadap kampung halaman."

Hal tersebut dikatakan Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin saat menghadiri acara Silaturahmi Akbar dan Pengukuhan Pengurus DPD PKDP Kota Payakumbuh Periode 2022-2027 di Gor M Yamin Kota Payakumbuh, Sabtu (13/8/2022).

Dalam sambutannya, Wawako Pariaman Mardison mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Pariaman menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus PKDP Kota Payakumbuh yang dilantik hari ini, penghargaan yang tulus kepada kepengurusan yang lama, atas segala upaya, sumbangsih dan karya nyata dalam membina dan membesarkan organisasi Rang Piaman PKDP di ranah ”Kota Batiah” ini.

Dihadapan seluruh tamu yang hadir,  Mardison menginformasikan tentang pembangunan yang telah dilaksanakan oleh Pemko Pariaman bersama masyarakat baik pembangunan fisik maupun non fisik. Pembangunan fisik yang telah kita laksanakan diantaranya Pasar Rakyat Pariaman, menyusul nantinya pembangunan Pasar Basah dan jembatan connecting bridge yang menghubungkannya dengan Pasar Pariaman.

"Ditengah keterbatasan anggaran, bahkan tanpa ganti rugi, semangat gotong royong di Kota Pariaman sangat kuat, melalui gotong royong, hingga saat ini kita telah membuka 16 ruas jalan baru non budgeter ," ulasnya.

Pemko Pariaman telah melakukan revitalisasi Youth Center (ex Gor Rawang), revitalisasi Lapangan Merdeka Pariaman sesuai dengan fungsi historisnya upsebagai sarana pertemuan warga Kota Pariaman, termasuk sebagai tempat pelaksanaan sholat hari raya. Pengembangan kawasan wisata waterfront city Talao Pauh, Pendestrian Batang Piaman, Bendungan Talang Kuning dan lainnya.

Disamping pembangunan fisik, Pemko Pariaman memiliki Program Pendidikan Gratis dari SD, SMP dan SMA/SMK. Khusus untuk SMA/SMK yang saat ini merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi, kita tetap memberikan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) kepada Pemprov Sumbar. Sedangkan Program Satu Keluarga Satu Sarjana (Sagasaja) bagi anak yang tidak mampu, kita telah mengkuliahkan 182 orang putra-putri Kota Pariaman pada perguruan tinggi vokasi yang telah bekerjasama.

Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi, mengapresiasi peran serta PKDP sebagai misi sosial kemasyarakatan dengan ciri kekeluargaan, kebersamaan, keswadayaan dan kekerabatan, yang berorientasi kepada kepedulian pembangunan ranah dan rantau dengan menjunjung tinggi falsafah “barek samo di pikua, ringan samo dijinjiang".

Riza berharap, PKDP dapat bersinergi dengan pemerintah, bersama-sama membangun Kota Payakumbuh ini dari berbagai macam aspek, baik budaya maupun adat istiadat yang ada.

Mudah-mudahan PKDP menjadi organisasi yang dapat menyesuaikan diri dengan prinsip dima bumi dipijak disinan langik dijunjuang.

Ketua DPD PKDP Kota Payakumbuh terpilih, Elzadawarman menyampaikan PKDP secara konsisten mampu menyatukan dunsanak di perantauan dimanapun berada.

“Masyarakat Piaman ini ada di mana-mana bahkan sampai keluar Indonesia, maka harapan saya tetaplah menjaga tali silaturahmi dan persatuan kita sehingga adat istiadat serta budaya yang kita punya tetap selalu terjaga,” tegasnya.

PKDP harus berpartisipasi untuk memberikan dukungan pembangunan daerah demi kesejahteraan masyarakatnya. PKDP siap mewarnai setiap komponen-komponen yang ada karena PKDP adalah organisasi yang independen.

Ia menyampaikan sebagai organisasi yang berbasis adat istiadat yang mempunyai tanggung jawab moral, PKDP diharapkan dapat menjaga, membimbing dan membina keluarga besar Piaman yang ada di Kota Payakumbuh ini.

Turut hadir, Pjs. Ketua DPW PKDP Sumatera Barat, Syaharman Zanhar, Ketua KADIN Prov Sumbar, Ramal Saleh, Ketua KADIN Kota Pariaman, Darmawan Darwis, jajaran Forkopimda Kota Payakumbuh, beserta seluruh pengurus PKDP Kota Payakumbuh. (win/AT)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »