Advertorial

Daerah

Ke-68 di Indonesia, MenPANRB Resmikan Mal Pelayanan Publik Kota Sawahlunto

          Ke-68 di Indonesia, MenPANRB Resmikan Mal Pelayanan Publik Kota Sawahlunto
Ke-68 di Indonesia, MenPANRB Resmikan Mal Pelayanan Publik Kota Sawahlunto
BENTENGSUMBAR.COM - Didampingi Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi, dan Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Abdullah Azwar Anas meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) ke-5 di Sumatera Barat dan ke-68 di Indonesia, di Kota Sawahlunto, Senin (26/9/2022).

Keberadaan MPP tersebut sebagai upaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Dimana masyarakat dapat mengakses 134 jenis layanan pada satu tempat.

MenPANRB menyebut kehadiran MPP Kota Sawahlunto merupakan salah satu wujud implementasi reformasi birokrasi, dengan meningkatan kualitas layanan dan mengintegrasikan layanan dalam satu atap.

"MPP adalah bagian dari reformasi birokrasi yang mudah, murah, yang tidak lagi ruwet, rumit dan mempersulit," kata Menteri Anas.

Menteri yang pernah menjabat Bupati Banyuwangi dua periode itu meminta kepada gubernur untuk terus mendorong kabupaten dan kota yang belum ada MPP untuk segera merealisasikannya.

"MPP tidak harus gedung besar dan mewah, yang penting sistemnya. Dulu di Banyuwangi, kami memulainya dengan bangunan ruko ditengah pasar. Jadi kalau kita tidak merubah cara melayani rakyat, masih model yang lama, kita akan ketinggalan. Inovasi atau mati," tegas penyuka bubur kampiun dan ayam pop, ini.

Senada dengan menteri, Gubernur Mahyeldi sangat menyambut baik kehadiran MPP Kota Sawahlunto. Gubernur berharap kehadiran MPP yang berlokasi di gedung yang dulunya sebagai gedung songket itu, akan mendorong investasi dan pada akhirnya meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Sawahlunto. 

"MPP merupakan bentuk upaya pemerintah menciptakan iklim investasi yang kondusif. Kedepan semoga akan ada MPP di 14 kabupaten kota lainnya di Sumbar," harap gubernur.

Meski baru diresmikan, namun MPP Kota Sawahlunto telah beroperasi sejak beberapa waktu lalu. Hingga saat ini,menurut Wali Kota Deri Asta, perizinan dan pelayanan administrasi lainnya yang telah dilayani di MPP mencapai 1.500 lebih layanan.

Wali Kota Deri Asta menyambut baik kehadiran MenPANRB di Sawahlunto.

"Dengan kehadiran orang pertama penggagas MPP di Indonesia menambah semangat kami ingin memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Sawahlunto," ucap Deri Asta.

Peresmian MPP ditandai dengan penyerahan cenderamata dari batubara, hasil tambang Sawahlunto, Songket Silungkang, dan pemukulan gendang secara serentak, oleh MenPANRB, Gubernur, Deputi bidang pelayanan publik KemenPANRB, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sawahlunto. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti serta pengguntingan pita.

Usai peresmian, rombongan meninjau gerai-gerai pelayanan yang ada di MPP Kota Sawahlunto.

Turut hadir dalam acara tersebut, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Asisten Deputi Standardisasi Pelayanan Publik dan Pelayanan Inklusif Kementerian PANRB Noviana Andrina, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumatra Barat, anggota DPRD Kota Sawahlunto, serta segenap tamu undangan lainnya.(doa/MMC)

#Dinas Kominfotik Sumbar
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »