Advertorial

Daerah

Media Center Kota Padang Terbaik Kedua se-Indonesia

          Media Center Kota Padang Terbaik Kedua se-Indonesia
Media Center Kota Padang Terbaik Kedua se-Indonesia
BENTENGSUMBAR.COM - Media Center atau "dapur berita" milik Pemko Padang akhirnya mendapat pengakuan dari Kementerian Kominfo RI. Media Center yang dikelola Diskominfo Kota Padang meraih penghargaan sebagai Media Center Daerah Terbaik Tahun 2022. 

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Direktur Pengelolaan Media, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Nursodik Gunarjo di salah satu hotel berbintang di Tangerang Selatan, Banten, Senin malam (26/9/2022). Penghargaan itu diterima Plt Kepala Diskominfo Padang Al Amin. 

"Ini merupakan sebuah pengakuan dari kementerian, tentunya kami mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Kominfo yang telah memberikan anugerah ini kepada kami," ucap Al Amin didampingi Kepala Biang IKP Rina Endaharti dan Kasi PMKP Charlie Ch. Legi usai menerima penghargaan. 

Media Center Kota Padang meraih penghargaan teraktif kedua setelah Kota Palangkaraya. Menurut Al Amin, prestasi yang diraih berkat kesungguhan seluruh awak kerja di Diskominfo. Serta kontribusi besar dari awak media massa. 

"Apresiasi ini berkat perhatian besar dari pimpinan, serta dukungan dari seluruh personil di Diskominfo," ujar Al Amin. 

Al Amin bertekad untuk ke depannya menjadikan Diskominfo sebagai corong pemerintah yang selalu aktif. Terutama dalam mempublikasikan setiap kegiatan pemerintahan serta menjadi "pagar" bagi Kota Padang.

"Semoga tahun depan kita lebih baik dari hari ini," katanya. 

Sementara itu, Direktur Pengelolaan Media, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Nursodik Gunarjo, mengatakan peran media center daerah sangat besar terutama dalam memenuhi kebutuhan masyarakat atas informasi.

Menurutnya, pemerintah pusat tidak akan mampu melayani kebutuhan informasi masyarakat dari seluruh daerah mulai dari Sabang sampai Merauke. Perlu peran serta media center daerah sebagai ujung tombak dari komunikasi publik.

“Tentu saja salah satu yang menjadi ujung tombak dari komunikasi publik itu adalah media center. Komunikasi publik tidak akan bisa dilaksanakan oleh pemerintah pusat saja, karena kita melayani seluruh rakyat Indonesia yang berada dari Sabang sampai Merauke, Karena itu tentu saja membutuhkan media center yang ada di daerah. Peran serta dari media center yang ada di daerah itu sangat besar terutama dalam hal memenuhi hak publik terhadap informasi,“ katanya.

Dijelaskan Nursodik, seluruh Media Center di daerah terbilang aktif mengirimkan berita ke Kementerian Kominfo. Dalam sehari, sekitar 500-an berita masuk ke website InfoPublik.id milik Kementerian Kominfo. 

"Ini merupakan apresiasi dari kami kepada seluruh Media Center yang aktif sepanjang tahun 2021 lalu," katanya. 

Selanjutnya Nursodik berpesan agar media center di daerah tidak hanya berpacu menjadi yang terbaik berdasarkan banyaknya kontribusi berita dan foto. Namun juga menyesuaikan dari agenda setting yang telah ditetapkan dalam rapat redaksi.

“Kuantitas penting tetapi bukanlah segala-galanya namun juga nantinya berupaya dapat meningkatkan kualitas dan juga satu hal yang sangat penting adalah bagaimana menyesuaikan dari agenda setting media center,” sebutnya.

Ke depan media center juga harus menyesuaikan dengan agenda setting nasional, "Pesan-pesan yang disampaikan Media center itu jika sesuai dengan agenda setting nasional, maka saya kira nanti akarnya adalah menuju ke narasi tunggal," pungkas Nursodik.

Berikut Daftar Penerima Penghargaan Media Center Daerah Tingkat Nasional 2022:

Media Center Terbaik Kategori Berita (Povinsi)

Peringkat I Dinas Komunikasi dan InformatikaP rovinsi Jawa Timur, II Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Riau, III Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo, IV Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan, V Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Provinsi Aceh

Media Center Terbaik Kategori Berita (Kabupaten/Kota)

Peringkat I Dinas Komunikasi, Informatika Statistik dan Persandian Kota Palangkaraya, Peringkat II Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Padang, Peringkat III Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Agam, Peringkat IV Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru, Peringkat V Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Banda Aceh. 

Media Center Terbaik Kategori Foto (Provinsi/Kabupaten/Kota)

Peringkat I Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo, Peringkat II Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan, Peringkat III Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Tidore Kepulauan, Peringkat IV Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Riau, Peringkat V Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora. 

Kategori Foto Terbaik

Peringkat I Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora dengan judul "Perajin Layang-Layang Naga", Peringkat II Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo.(Charlie Ch. Legi)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »