Advertorial

Daerah

3 Keltan Kota Pariaman Dapat Bantuan Bibit dari Dinas Pangan Sumbar

          3 Keltan Kota Pariaman Dapat Bantuan Bibit dari Dinas Pangan Sumbar
3 Keltan Kota Pariaman Dapat Bantuan Bibit dari Dinas Pangan Sumbar
BENTENGSUMBAR.COM - Tiga Kelompok Tani (Keltan) di Kota Pariaman mendapat bantuan bibit pokat dan manggis unggul, dari program Desa Mandiri Pangan, Dinas Pangan Provinsi Sumatra Barat (Sumbar).

“Keltan tersebut yaitu Keltan Jaya Bersama, Keltan Jaya Mandiri dan Keltan Sampang Jaya, yang  berada di Kecamatan Pariaman Selatan. Adapun bantuan  bibit pokat sebanyak 230 batang dan bibit manggis sebanyak  2000 batang,” ujar Kepala Dinas Pertanian Pangan Perikanan (DP3) Kota Pariaman, Dasril, Kamis (6/10).

Bantuan tersebut diserahkan  Dinas Pangan Provinsi dan diterima  Bidang Ketahanan Pangan dan Koordinator BPP (Balai Penyuluhan Pertanian) Kecamatan Pariaman Selatan di lokasi Gapoktan Rampak Jaya, Desa Punggung Ladiang.

Kabid Ketersediaan dan Kerawanan Pangan, Dinas Pangan Provinsi Sumbar, Murni Kurniaty, mengatakan, bantuan ini merupakan kegiatan Desa Mandiri Pangan dari Provinsi Sumatra Barat berupa penyerahan bibit untuk Keltan Desa yang telah ditunjuk.

“Tujuan Desa Mandiri Pangan ini adalah meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mewujudkan ketahanan pangan dan gizi, sehingga dapat hidup sehat dan produktif secara berkelanjutan, khususnya di daerah-daerah yang rawan pangan,” ujarnya.

Ia berharap, agar bantuan bibit ini segera ditanam dan dipelihara dengan baik oleh kelompok tani yang ditunjuk, sehingga nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan petani itu sendiri, ucapnya.

Koordinator BPP Pariaman Selatan, Mulyadi, saat menerima bantuan tersebut menyampaikan apresiasi dan terimakasihnya kepada pemerintah Provinsi Sumbar yang telah membantu kelompok tani di wilayahnya.

"Mungkin saat ini hasilnya belum bisa kita lihat. Tapi yakinlah apabila ini dijaga dan dirawat dengan baik, akan memberi manfaat bagi kelompok beberapa tahun lagi. Harapan kami, bantuan ini betul-betul dirawat dengan sebaik-baik, sehingga berdaya guna dan menghasilkan nantinya,” tutupnya. (J/at)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »