Advertorial

Daerah

Ganjar Siap Nyapres, Relawan: Ini Sinyal Halus Dukungan Ibu Megawati

          Ganjar Siap Nyapres, Relawan: Ini Sinyal Halus Dukungan Ibu Megawati
Ganjar Siap Nyapres, Relawan: Ini Sinyal Halus Dukungan Ibu Megawati
BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan siap menjadi calon presiden 2024. Relawan Ganjar menilai, kesiapan tersebut adalah sinyal dukungan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Sebabnya, Ganjar dinilai merupakan kader yang taat dan tidak akan melangkahi keputusan Megawati Soekarnoputri.

"Kita senang atas sinyal halus yang diberikan Ibu Megawati melalui kader terbaik Ganjar Pranowo. Elektabilitas PDI Perjuangan akan meningkat juga," ujar Ketua Ganjar Pranowo Mania Immanuel Ebenezer dalam keterangannya, Rabu (19/10/2022).

Immanuel yakin, pernyataan Ganjar siap maju Pilpres 2024, tidak keluar dengan sendirinya. Ada inisiatif elite PDIP dan Megawati untuk mendorong Ganjar bicara pencalonannya ke publik untuk merebut simpati rakyat.

"Ibaratnya, ini isyarat PDI Perjuangan 'jorokin' (dorong) Ganjar untuk turun langsung ke medan gelanggang. Kita juga bisa berharap, 'ikatan' di kaki Ganjar sudah dilepas, sehingga Ganjar akan lebih leluasa untuk bergerak ke semua daerah untuk meraih simpati bagi PDI Perjuangan," jelas dia.

Meski demikian, PDIP dinilai tidak terburu-buru akan mengumumkan Ganjar sebagai calon presiden yang diusung. 

Hanya saja PDIP akhirnya melepas ikatan untuk berbicara pencalonan. Immanuel memprediksi pencalonan Ganjar Pranowo sebagai capres 2024 akan diumumkan pada pertengahan 2023.

"Manakala capres-capres lain bebas gentayangan meraih simpati, sedang PDI Perjuangan tidak melepas kader terbaik untuk meraih simpati bagi partai, bisa memperlambat arus dukungan ke partai," sebut Immanuel.

Dia menilai, dengan adanya pernyataan Ganjar Pranowo, berpotensi untuk menaikkan elektabilitas PDIP. Karena, kata Immanuel, banyak kader partai kecewa Ganjar dikekang. 

Pernyataan itu akan mendorong kader banteng bergerak memenangkan Pilpres dan Pemilu 2024.

"Dalam survei elektabilitas mendatang ini, saya yakin elektabilitas PDI Perjuangan akan semakin naik, semakin jauh meninggalkan partai lainnya. Coat tail effect (efek ekor jas) akan terjadi, di mana Ganjar juga membawa dukungan bagi partai," ujar Immanuel.

Ganjar Pranowo Nyatakan Siap Jadi Capres di 2024


Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyatakan siap untuk menjadi calon presiden pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Dia mengaku siap demi kepentingan bangsa dan negara saat ini.

"Kalau untuk bangsa dan negara apa sih yang kita tidak siap," ujar Ganjar saat ditanya mengenai kesiapannya maju sebagai capres dalam talkshow di BTV, Selasa (18/9/2022).

Ganjar menegaskan hal itu sebagai anggota partai. Sehingga, dalam konteks pencapresan, dia melihat ada dua realitas, pertama, realitas proses di dalam partai yang harus dihormati oleh kader. Kedua, kata dia, realitas sosial terkait survei yang dibuat sebagai lembaga.  

"Biarkan lah kita kasih kesempatan kepada partai yang menetukan untuk mereka berdialog, berkomunikasi untuk mengambil yang terbaik," ujarnya.

Lebih lanjut, Ganjar menuturkan semua kader, termasuk dirinya harus siap menjadi capres jika sudah diputuskan oleh partai setelah melakukan berbagai pertimbangan.

"Yang kedua tentu terkait dengan realitas yang ada di survei dan semua orang memperbincangkan. Kan suara rakyat juga tidak boleh diabaikan," ujar kader PDI Perjuangan ini.

Ganjar menambahkan bangsa ini tidak bisa diurus oleh satu pihak saja. Dia berkata butuh kolaborasi antar pihak, khususnya partai. Sebab, banyak persoalan yang membutuhkan pemikiran banyak pihak.

Ganjar mencontohkan tantangan bangsa Indonesia ke depan yang perlu dihadapi dengan serius, antara lain persoalan ekonomi, pangan, dan energi.

"Rasa-rasanya bangsa ini terlalu besar untuk diurus sendirian. Ada banyak multidimensi persoalan yang ada di sana dan membutuhkan kebersamaan," ujarnya. 

Lebih dari itu, Ganjar menyampaikan deklarasi dirinya sebagai capres tergantung keputusan partai.

"Yang mendeklarasikan adalah partai-partai itu. Saya tidak tahu apakah partai cukup percaya dengan saya," ujar Ganjar.

"Untuk bangsa dan negara ini, apa sih yang tidak siap," kata Ganjar kembali menegaskan ketika ditanya kesiapannya menjadi capres.

Sumber: Liputan6
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »