Pemko Gelar Rakor TPID Sikapi Inflasi di Padang, Simak Arahan Sekdako Andree Algamar

BENTENGSUMBAR.COM - Pemerintah Kota Padang menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dalam rangka menyikapi laju inflasi di kota tersebut.

Rakor yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Andree Algamar itu, dilangsungkan di Gedung Putih Kediaman Resmi Wali Kota Padang, Senin (3/10/2022).

Hadir di kesempatan itu Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Wahyu Purnama A, unsur Forkopimda Kota Padang, Kepala BPS Kota Padang Alfianto serta perwakilan Bulog Divre Sumbar dan Kadin Kota Padang.

Selain itu juga terlihat para Asisten dan sejumlah kepala OPD terkait dan Camat di lingkup Pemko Padang 

Sekda Andree dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas digelarnya Rakor TPID Kota Padang dengan tujuan mengendalikan inflasi di Kota Padang yang saat ini per September sebesar 1,34 persen.

"Sebelumnya cabe yang menyebabkan inflasi, sekarang terdapat lima komoditas dominan penyumbang inflasi terdiri dari Solar, Bensin, Angkutan Antar Kota, Tarif Kendaraan Roda 4 online dan Beras," ucap Sekda.

Mengingat kondisi itu Sekda meminta OPD terkait untuk melakukan langkah jitu ke depan. Menurutnya perlu terus dilakukan berbagai upaya seperto Operasi Pasar di setiap Kecamatan dengan menyediakan bahan pokok yang harganya lebih murah. 

Selain itu sambungnya, juga melakukan secara masiv Gerakan Menanam Cabe bagi warga Kota Padang, mengimplementasikan gerakan hemat energi serta mengaktifkan Satgas Pangan dan mengupayakan pembentukan Toko Tani Indonesia Center (TTIC) di Kota Padang.

"Kita meminta OPD terkait ikut mampu mencari akar permasalahan kenapa harga bahan pokok saat ini menjadi naik. Sehingga dengan itu bisa menghadirkan solusi dan harganya kembali normal," imbuhnya.

"Perlu diwaspadai kenaikan beras yang cukup signifikan. Agar digali apa akar penyebabnya, apakah karena produksi atau karena harga pupuknya yang naik. Maka itu kepada Dinas Pertanian Dinas Kelautan dan Pangan untuk dapat mencari solusinya."

"Selain itu upaya yang harus kita lakukan ke depan yaitu menjalin kerjasama dengan daerah produsen pangan terkait mengisi kebutuhan dan ketersedian pangan di Kota Padang. Semoga dengan upaya yang kita lakukan itu inflasi dapat kita kendalikan. Karena Kota Padang saat ini berada pada urutan ke-20 dari 88 kota inflasi di Indonesia," pungkas Sekda mengakhiri. (Dv/Prokopim Pdg)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »