Advertorial

Daerah

Pimpin Rakor Coffee Morning, Bupati Padang Pariaman Dorong Percepatan Realisasi Anggaran

          Pimpin Rakor  Coffee Morning, Bupati Padang Pariaman Dorong Percepatan Realisasi Anggaran
Pimpin Rakor Coffee Morning, Bupati Padang Pariaman Dorong Percepatan Realisasi Anggaran
BENTENGSUMBAR.COM - Kepala perangkat daerah sebagai penyelenggara pemerintah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman diharapkan dapat mempercepat realisasi anggaran OPD masing-masing.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, dalam arahannya kemarin saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di ruang rapat Setdakab lantai dua Kantor Bupati di Parit Malintang, pada Senin (03/10).

Saat memasuki triwulan ke 4, Suhatri Bur meminta OPD mempercepat progres pelaksanaan program kegiatan. Bahkan dia menegaskan, agar Kepala OPD ikut terjun langsung ke lapangan untuk memantau pelaksanaan fisik.

“Jangan sampai terjadi keterlambatan penyelesaian pekerjaan yang menimbulkan hutang jangka pendek”. tegasnya.

Suhatri Bur menyampaikan agar OPD yang mengelola sumber PAD untuk dapat memacu realisasi pendapatannya. Menurutnya, rendahnya PAD yang dicapai, menunjukkan rendahnya kinerja OPD yang bersangkutan.

“Untuk itu kepada OPD pengampu pendapatan agar lebih giat mengelolanya,” tegasnya lagi.

Sekda Padang Pariaman Rudy Rilis, menyebutkan rapat koordinasi ini membahas agenda tentang Percepatan Pelaksanaan Program Kegiatan, realisasi PAD dan penyelesaian masalah-masalah sosial kemasyarakatan.

“Perlu kiranya percepatan realisasi, jangan lagi ada keterlambatan-keterlambatan yang ujung-ujungnya akan merugikan daerah, makanya mari manfaatkan sisa waktu yang ada untuk merealisasikan di OPD masing-masing,” katanya mengajak.

Berdasarkan data yang diungkapkan Kepala BPKD Taslim Letter, realisasi keuangan APBD Padang Pariaman tahun 2022 ini baru mencapai 59,77%, pembangunan fisiknya sudah mencapai 87,61%.

Belanja daerah, berikut delapan OPD yang tertinggi realisasi pelaksanaan kegiatannya: yaitu, Inspektorat dengan realisasi 82.53%, Kantor Kesbangpol 78.10 %, Dinas Perhubungan 77.63 %, Kecamatan 2×11 Enam Lingkung 75.54%, Disdagnakerkop UKM 74.20%, Kecamatan 2×11 Kayu Tanam 72.38%, Bapelitbangda 71.84%, dan Dinas Satpol PP Damkar 71.19%.

Sementara untuk realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) telah mencapai 62,78%. OPD tertinggi dalam merealisasikan PAD adalah Dinas Kominfo dengan realisasi mencapai 134,7%.

Rapat koordinasi rutin setiap bulan yang bertajuk coffee morning ini juga diikuti oleh Staf Ahli Bupati, Asisten Setdakab, Kepala Badan, Kepala Dinas, Kepala Kantor dan Kabag di lingkungan Setdakab Padang Pariaman.(r/at)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »