Bjorka Muncul Lagi! Bikin Geger Usai Diduga Ungkap Kebocoran 44 Juta Data MyPertamina

BENTENGSUMBAR.COM - Setelah sempat tak terdengar kabarnya, kini Bjorka muncul lagi. Kemunculan sosok peretas alias hacker tersebut bikin geger publik.

Betapa tidak, Bjorka diduga kembali meretas data. Kali ini, data yang ia ungkap diduga milik aplikasi MyPertamina.

Kabar Bjorka menjadi sorotan massal, tak lama setelah dicuit oleh akun Twitter @segcron. Hacker Bjorka disebut-sebut kembali melancarkan aksinya dengan membocorkan data dari aplikasi MyPertamina.

Data yang diretas oleh Bjorka adalah sejumlah 44 juta (44.237.264) pada November 2022.

Dalam data yang diretas itu, terdapat beberapa informasi, mencakup nama lengkap, nomor HP, jenis kelamin, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Bukan hanya itu, terdapat pula alamat tempat tinggal, alamat email, dan gaji atau penghasilan (harian, bulanan, dan tahunan).

Selanjutnya, tertulis di laman tersebut bahwa 44 juta data yang bocor itu dijual dan dibandrol dengan harga 25 ribu US Dollar (Rp392 juta). Hal ini pun amat disayangkan oleh @secgron melalui cuitannya di Twitter.

"Publik dipaksa untuk daftar di berbagai aplikasi, tapi tak ada jaminan bahwa data kita akan aman. Sekalinya menjamin, tak lebih dari sekadar omong kosong belaka," tulis @secgron, seperti dikutip dari Suara.com.

"Pasti cepat nih kayak ngurusin video syur kemarin. Cepat denialnya," kritiknya.

Publik yang telah mengetahui adanya dugaan kebocoran data tersebut pun langsung heboh. Ramai orang memberikan komentar.

Kolom komentar seketika penuh dengan beragam tanggapan, terutama kekecewaan dan kekesalan publik akibat dugaan kebocoran data.

"Lohh ehh lohh ehh lohh kemarin anggaran naik buat security karena Bjorka terus ngilang. Ini Bjorka comeback bobol lagi. Btw anggaran kemarin kurang kah?? Mueheheheee," tulis @adi***.

"Padahal bulan lalu RUU pelindungan data pribadi barusan disahkan. Udah punya nama resmi UU no 27 2022. Dan udah ada sosiasinya https://appdi.or.id. Tapi gatau lah," tutur @nih***.

"Maklumin negara open source. Kominfonya aja t*****," sindir @Shei***.

Nah, itulah kabar kemunculan hacker Bjorka yang membuat publik geger. Sebab kini Bjorka membocorkan data yang diduga milik MyPertamina.

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »