Diduga Hina Iriana Jokowi, Kharisma Jati Malah Tantang Balik Fans Fanatik Rezim: Karena Saya Bukan Penjilat

BENTENGSUMBAR.COM - Kharisma Jati yang merupakan komikus asal Yogyakarta mendapat kecaman publik usai cuitannya di akun Twitter pribadinya @KoProfilJati. Dirinya saat itu diduga melakukan penghinaan kepada Ibu Negara Iriana Jokowi.

Hal ini bermula dari cuitannya memposting foto Iriana Jokowi bersanding dengan Istri Presiden Korea, Kim Kun Hee. Tetapi dirinya juga menulis sebuah caption yang diduga melakukan penghinaan kepada Iriana Jokowi.

"Bi, tolong buatkan tamu kita minum,"

"Baik, Nyonya,"

Karena hal tersebut membuat warganet ramai-ramai mengecam dan menyebutnya sebagai bentuk penghinaan. Belakangan dirinya telah menghapus twitt tersebut karena diserang oleh warganet.

Namun, cuitannya kadung viral hingga memantik respons dua putra Jokowi Gibran Rakabuming Raka dan sang adik Kaesang Pangarep lewat Twitter masing-masing. Dirinya pun sempat menonaktifkan akun Twitternya.

Hingga kemudian muncul sebuah surat terbuka yang berisi permintaan maaf kepada keluarga Presiden Jokowi. Kali ini bukan di Twitter, namun di Facebook.

Facebook dengan akun bernama Kharisma Jati memberikan pernyataan lewat surat terbuka, yang intinya, ia meminta maaf kepada Presiden Jokowi dan Ibu Negara serta seluruh keluarga besar Kepresidenan.

Hanya saja, Kharisma Jati menyatakan, tidak ada sedikitpun permintaan maaf dirinya terhadap para pendukung fanatik rezim ini. Dan ia juga menyatakan, jika ada pihak yang hendak menuntut atas cuitannya, maka dirinya akan menerima dengan lapang dada atas segala hukuman yang adil dan setimpal.

Berikut isi surat terbuka dari Kharisma Jati sebagaimana dikutip Suara.com, pada Jumat (18/11/2022) pagi:

"Surat Terbuka Permintaan Maaf Kepada Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo berserta seluruh Keluarga Besar Kepresidenan.

Dengan ini saya, Kharisma Jati, meminta maaf kepada Keluarga Besar Presiden RI atas unggahan saya di media sosial yang menyinggung perasaan anggota keluarga Bapak Presiden Joko Widodo, termasuk kerabat; staf; dan pejabat di lingkungan kepresidenan.

Permintaan maaf ini saya nyatakan dengan tulus dari lubuk hati yang paling dalam, tanpa unsur keterpaksaan maupun kepura-puraan.

Dan jika dari pihak terkait bermaksud mengadakan tuntutan hukum maka saya akan menerima dengan lapang dada atas segala hukuman yang adil dan setimpal.

Namun tidak ada sedikitpun permintaan maaf saya terhadap para pendukung fanatik rezim ini, yang merasa bisa berbuat sesukanya sendiri tanpa mengindahkan moral dan etika, karena saya bukan penjilat; pembeo; maupun perundung, dan tidak sedikitpun saya membenarkan perbuatan semacam itu.

Framing, fitnah, dan ujaran kebencian yang mereka buat hanya mencerminkan arogansi dan kemunafikan mereka.

Demikian surat terbuka ini dibuat dengan penuh kesadaran tanpa paksaan dari pihak manapun,"

Meski sudah meminta maaf lewat surat terbuka, netizen di kolom komentar postingan Kharisma Jati sepertinya tak terima.

"Bukan penjilat, pembeo dan perundung. Heii, postinganmu yang kau hapus itu perundungan, bukan masalah Ibu Negara atau bukan, tapi merundung seorang ibu yang gak ada salah apa-apa dengan kamu, itulah yang bikin kamu salah! Gak usah ngomong moral dan etika, koreksi moral dan etikamu dewe cuk," tulis akun Aji***

Sosok Kharisma Jati

Sosok Kharisma Jati diduga adalah orang di balik pengunggah gambar Iriana Jokowi dengan Kim Kun-hee yang dinilai merendahkan sang istri Presiden.

Identitas Kharisma Jati sebagai orang dibalik akun @KoProfilJati dengan nama Mati Pelan juga dibongkar oleh akun Twitter @pn717h.

Karenanya, nama Kharisma Jati pun kini ramai diperbincangkan publik dan trending di Twitter. Lalu siapa sebenarnya Kharisma Jati?

Menukil laman Wikipedia, Kharisma Jati atau lebih dikenal dengan nama Kjati, adalah seorang komikus dan ilustrator Indonesia.

Kharisma Jati diketahui pernah menjuarai beberapa lomba komik dan memiliki pengalaman kerja di bidang desain dan animasi.

Karyanya yang telah terbit adalah seri Anak Kos Dodol Dikomikin yang diterbitkan pada tahun 2009 hingga 2013.

Kharisma Jati lahir di Yogyakarta pada 30 April 1986. Namanya pernah viral karena karya komiknya yang kontroversial.

Sumber: Suara

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »