Advertorial

Daerah

Kutbah Jumat di Masjid Nurjannah UBH, Wako Hendri Septa Sampaikan Keutamaan Istighfar

          Kutbah Jumat di Masjid Nurjannah UBH, Wako Hendri Septa Sampaikan Keutamaan Istighfar
Kutbah Jumat di Masjid Nurjannah UBH, Wako Hendri Septa Sampaikan Keutamaan Istighfar
BENTENGSUMBAR.COM - Sebagai seorang pemimpin di Kota Padang, Wali Kota Padang Hendri Septa juga sering bertindak sebagai khatib dan sekaligus mengimami pelaksanaan ibadah salat Jumat.

Kali ini Jumat, (18/11/2022), Wali Kota religius itu didapuk sebagai khatib dan imam pada pelaksanaan salat Jumat di Masjid Nurjannah Kampus I Universitas Bung Hatta (UBH) Padang.

Dalam kutbah Jumatnya, Wako Hendri Septa menyampaikan beberapa hal salah satunya tentang keutamaan dan pentingnya mengucapkan Istighfar (astaghfirullah).

"Istighfar adalah tindakan meminta maaf dan memohon ampunan kepada Allah SWT yang dilakukan oleh umat Islam. Hal ini merupakan perbuatan yang dianjurkan dan penting di dalam ajaran Islam," sebutnya di hadapan ratusan jamaah yang terdiri dari mahasiswa, dosen dan masyarakat setempat itu.

Wako Padang itu melanjutkan, setiap insan manusia pasti selalu dihadapkan pada berbagai permasalahan, mulai dari masalah kecil hingga masalah besar. 

Namun Allah SWT telah memberikan jalan keluar dari setiap permasalahan tersebut.

"Nabi Muhammad SAW bersabda, barang siapa yang selalu membiasakan diri mengucapkan istighfar maka Allah SWT senantiasa memberikan jalan keluar dari kesulitan yang dihadapinya dan Allah akan mengubah kesusahannya menjadi kesenangan, serta memberikan rezeki dari sumber yang tak diduga-duga," jelasnya membacakan sabda Rasulullah SAW.

Sebalik dengan itu, Hendri Septa menjelaskan bagi yang telanjur melakukan dosa agar perbanyaklah istighfar seraya memohon ampun kepada Allah SWT. 

Hal ini karena hanya kepada Allah SWT sematalah tempat hambanya meminta pertolongan dan pengampunan.

"Dengan beristighfar secara khusyuk semoga Allah SWT mengampuni segala dosa yang kita perbuat baik yang tidak disengaja atau pun disengaja. Semoga kita tidak mengulanginya kembali, beristighfarlah semoga kesalahan atau dosa kita sebelumnya diampuni-Nya," ujar Wako Hendri Septa.

Usai salat Jumat, Wako Hendri Septa menggelar diskusi bersama jamaah dan masyarakat sembari menyerahkan bantuan berupa sajadah atau karpet untuk Masjid Nurjannah UBH. 

Bantuan tersebut diterima langsung oleh Rektor UBH Prof. Dr.Tafdil Husni.

Terlihat hadir mendampingi Wali Kota Padang dalam kesempatan itu Sekdako Andree Algamar beserta Kepala BKPSDM Arfian, Kadisdikbud Yopi Krislova, Kepala Dinas Perdagangan Syahendri Barkah dan lainnya.

Sementara dari jajaran pimpinan tinggi UBH diantaranya Wakil Rektor I Prof. Dr. Hendra Suherman bersama Rektor II Dr. Elfiondri dan Wakil Rektor III Dr. Hidayat. (Zal/Prokopim Pdg)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »