LDII Kota Padang Apresiasi Kegiatan Pelatihan Senam Jantung bagi Pengurus Mesjid yang Digelar IDI dan DMI

BENTENGSUMBAR.COM - Memperingati HUT ke-72, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Padang bekerjasama dengan DMI (Dewan Mesjid Indonesia) Kota Padang menyelenggarakan kegiatan pelatihan pijat jantung bagi pengurus mesjid di kota Padang.

Menurut Ketua IDI Padang dr Muhammad Riendra, Sp BTKV(K) VE, kegiatan yang berlangsung secara hybrid ini dipandu instruktur dari IDI cabang Padang secara online ke 104 masjid di 104 kelurahan di kota Padang. 

Masing-masing masjid akan diikuti puluhan peserta dari masjid sekitarnya, sehingga pelatihan ini diikuti oleh 2000 orang peserta. 

"Di akhir acara, Insya Allah kegiatan ini juga akan diajukan dalam Pencatatan Museum Rekor Indonesia (MURI)," ujar dr. Riendra.

Untuk wilayah kelurahan Ulak Karang Selatan Mesjid Al-Ikhlas Jl.Tenggiri No.10 Ulak Karang Selatan yang merupakan mesjid binaan LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia) Kota Padang dipercaya menjadi salah satu mesjid tempat digelarnya kegiatan Pelatihan Pijat Jantung bagi Pengurus Mesjid Kota Padang.

LDII Kota Padang Apresiasi Kegiatan Pelatihan Senam Jantung bagi Pengurus Mesjid yang Digelar IDI dan DMI
Sekretaris DPD LDII Kota Padang H. M. Abdillah, ST, SH., Ikut Mempraktekan Materi Pelatihan.

Ketua DPD LDII Kota Padang Buya H. Ahmad Nasir melalui Sekretaris DPD LDII Kota Padang H. M. Abdillah, ST, SH mengatakan, atas nama LDII Kota Padang, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan senam jantung bagi pengurus mesjid yang diprakarsai IDI dan DMI ini.

"Alhamdulillah mesjid Al-Ikhlas LDII Kota Padang ini dipercaya oleh DMI Kota Padang untuk menjadi salah satu mesjid tempat diselenggarakan nya kegiatan ini. Kami juga sangat mengapresiasi kepercayaan yang telah diberikan, pada hakekat nya mesjid merupakan fasilitas umum sarana ibadah milik umat," ujarnya.

Menurut Abdillah, LDII memiliki Forum Komunikasi Kesehatan Islam (FKKI) yang merupakan salah satu Pokja di bawah bidang Pemberdayaan Perempuan dan Kesejahteraan Keluarga yang terdiri dari para Dokter dan Tenaga Kesehatan LDII. 

"FKKI intensif memberikan penyuluhan kepada warga LDII setiap bulannya dengan issue kekinian," jelasnya.

Ia juga mengatakan, LDII berkomitmen mendukung segala kegiatan positif yang bermanfaat untuk kemaslahatan umat, seperti halnya kegiatan kesehatan hari ini bersama IDI.

LDII Kota Padang Apresiasi Kegiatan Pelatihan Senam Jantung bagi Pengurus Mesjid yang Digelar IDI dan DMI
Foto Bersama Pengurus Masjid dan Mushalla dengan Relawan IDI Usai Pelatihan.

"Selain kegiatan ibadah dan dakwah, kedepan kami harapkan mesjid-mesjid LDII bisa kembali diberi kepercayaan sebagai tempat diselenggarakan nya berbagai kegiatan DMI maupun kegiatan lainnya yang bersifat keagamaan maupun kegiatan sosial dan kesehatan. Selama itu bermanfaat positif untuk kemaslahatan umat Insya Allah LDII siap memberikan kontribusinya," pungkas H. M. Abdillah yang juga merupakan Ketua DMI Kelurahan Ulak Karang Selatan. 

Pantauan media ini di Mesjid Al-Ikhlas Jl.Tenggiri No.10 Ulak Karang Selatan, para peserta sangat antusias mengikuti jalannya pelatihan.

Tak hanya diikuti pengurus masjid dan mushalla, di lokasi kegiatan juga terlihat generasi muda dan jamaah masjid lainnya.

"Ini adalah ilmu yang bermanfaat. Hampir setiap saat orang dihantui serangan jantung," kata Eka, sembari memperhatikan relawan memberi penjelasan. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »