Advertorial

Daerah

Surat Rekomendasi Kerja: Definisi, Manfaat, Format, dan Contohnya

          Surat Rekomendasi Kerja: Definisi, Manfaat, Format, dan Contohnya
Surat Rekomendasi Kerja: Definisi, Manfaat, Format, dan Contohnya
BENTENGSUMBAR.COM - Dalam melamar suatu pekerjaan, surat rekomendasi kerja menjadi salah satu hal penting yang bisa menjadi pertimbangan. Surat ini berisi keterangan mengenai seseorang yang ditulis berdasarkan fakta-fakta dari data seseorang yang meminta surat tersebut.

Tertarik dengan informasi seputar surat rekomendasi kerja? Simak dengan baik penjelasan berikut ini.

Definisi Surat Rekomendasi Kerja

Surat rekomendasi kerja merupakan suatu dokumen berisi teks yang menjelaskan tentang kemampuan dan keahlian seseorang dalam bekerja di posisi tertentu. Surat ini biasanya dibuat oleh atasan dalam bidang pekerjaan terkait yang menjelaskan penilaian terhadap kinerja yang telah dilakukan.

Secara umum, surat ini berisi informasi mengenai berbagai hal, mulai dari kinerja pada posisi sebelumnya, evaluasi kemampuan yang dimiliki, etika dalam bekerja, dan prestasi apa saja yang pernah diraih selama bekerja pada perusahaan sebelumnya.

Selain menuliskan informasi seputar pelamar, pihak pemberi rekomendasi juga harus menuliskan beberapa informasi seputar dirinya dalam surat rekomendasi kerja tersebut. Informasi yang dicantumkan secara umum meliputi nama, jabatan, dan asal instansi.

Jika Anda sedang mencari pekerjaan, kunjungi halaman loker Padang berikut untuk informasi lowongan kerja terbaru dan terjamin asli.

1. Manfaat Surat Rekomendasi Kerja

Melampirkan surat rekomendasi kerja pada saat melamar pekerjaan tentu saja memiliki manfaat. Beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh, antara lain: 

2. Membangun Kredibilitas 

Jika Anda ingin memiliki kredibilitas yang tinggi saat melamar suatu posisi pekerjaan, surat rekomendasi kerja dapat menjadi jembatan yang tepat. Hal ini karena beberapa hal penting, seperti keterampilan, pengalaman, dan pencapaian kerja dapat dilihat dengan mudah oleh HRD. Surat ini juga menunjukkan kesiapan Anda dalam mengisi posisi yang Anda lamar.  

3. Meyakinkan HRD

Surat rekomendasi kerja yang ditulis oleh atasan di perusahaan sebelumnya juga dapat menambah keyakinan HRD untuk memilih Anda sebagai kandidat yang tepat. Hal ini karena di dalam surat tersebut ada berbagai uraian positif yang membuat citra diri Anda semakin baik.  

4. Membuat Anda Lebih Unggul 

Dalam suatu lowongan pekerjaan yang dibuka, pasti akan ada banyak sekali pelamar yang mendaftar. Untuk membuat Anda lebih unggul dari pelamar yang lain, cobalah untuk menggunakan surat rekomendasi kerja. Keunggulan yang Anda miliki akan lebih tersorot dan menarik perhatian HRD yang sedang merekrut. 

Format Penulisan Surat Rekomendasi Kerja

Dalam menulis surat rekomendasi kerja, pastikan untuk mengikuti format penulisan surat yang benar. Berikut adalah format yang bisa Anda ikuti dengan baik. 

1. Menuliskan Perkenalan Singkat

Langkah pertama adalah menuliskan perkenalan singkat mengenai siapa penulis dan apa hubungannya dengan kandidat. Beberapa hal yang perlu ditulis pada bagian ini, yaitu nama, jabatan, dan asal instansi. Setelah itu, perkenalan dilanjutkan dengan menuliskan informasi singkat mengenai pemohon surat yang berupa nama dan alamat.

2. Menjelaskan Tujuan Surat Rekomendasi

Bagian selanjutnya setelah menulis perkenalan diri adalah menjelaskan mengenai tujuan dari adanya surat tersebut. Pastikan bahwa surat rekomendasi kerja tersebut dibuat untuk diajukan ke kantor baru yang akan dilamar.  

Pada bagian ini juga dicantumkan bagaimana penilaian pemberi rekomendasi terhadap pemohon rekomendasi. Informasi yang ditulis dapat berupa jabatan terakhir di perusahaan sebelumnya, berapa lama waktu bekerja di perusahaan, serta prestasi apa yang pernah didapatkan selama bekerja. 

3. Memberikan Pernyataan Optimis 

Sebelum mengakhiri surat rekomendasi kerja, Anda juga bisa meminta pemberi rekomendasi untuk menuliskan pernyataan optimis. Pernyataan ini digunakan untuk menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang tepat dan mampu memberikan kontribusi terbaik kepada perusahaan baru.

4. Menuliskan Kalimat Penutup

Setelah semua bagian di atas selesai ditulis. Akhiri surat rekomendasi kerja dengan menuliskan kalimat penutup. Kalimat ini merangkum alasan mengapa pemberi rekomendasi bersedia menulis surat rekomendasi kerja untuk pemohon rekomendasi dan mengapa posisi kerja yang dilamar sangat sesuai untuk pemohon rekomendasi. 

5. Membubuhkan Tanda Tangan

Bagian terakhir dalam surat rekomendasi kerja yang tidak boleh dilewatkan adalah tanda tangan pemberi rekomendasi yang dilengkapi dengan nama terang dan kontak informasi. Tanda tangan ini dibutuhkan guna keperluan validasi apabila HRD ingin menanyakan lebih lanjut mengenai kandidat. 

Contoh Surat Rekomendasi Kerja

Agar lebih memahami bagaimana cara membuat surat rekomendasi kerja, berikut adalah dua contoh yang bisa Anda jadikan referensi, 

1. Contoh dalam Bahasa Indonesia


2. Contoh dalam Bahasa Inggris


Gunakan Platform Kitalulus untuk Mencari Kerja

Bagi Anda yang ingin mencari lowongan pekerjaan yang aman, cepat, dan terpercaya, cobalah untuk menggunakan platform Kitalulus. Disini, Anda akan menemukan banyak sekali iklan lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan.

Gunakan fitur filter untuk memudahkan pencarian Anda. Mulai dari filter minimum pendidikan, jenis kelamin, lokasi kerja, kisaran gaji, tipe kerja, kategori bidang pekerjaan, hingga kategori industri perusahaan.

Selain melalui website, Anda juga bisa mendownload aplikasi KitaLulus di Google PlayStore untuk mempermudah monitoring lamaran pekerjaan yang telah Anda ajukan. Cari kerja semakin mudah dengan KitaLulus. Semoga berhasil! (Adv)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »