Terima Kunjungan BPK Sumbar, Bupati Padang Pariamn Minta OPD Komitmen Percepatan TLRHP BPK

BENTENGSUMBAR.COM - Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur meminta seluruh perangkat daerah berkomitmen dalam Percepatan Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan (TLRHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Hal tersebut disampaikannya saat menerima kunjungan kerja Kepala BPK Perwakilan Sumatera Barat ke Kabupaten Padang Pariaman. Bertempat di ruang rapat Sekretariat Daerah (Setda), Kamis (17/11).

Bupati Suhatri Bur menekankan bahwa TLRHP sangat penting supaya kesalahan atau temuan yang sama tidak terjadi lagi dimasa yang akan datang.

“Rekomendasi BPK ini sangat penting untuk mencegah adanya temuan berulang,” ujar Suhatri Bur menegaskan.

Kepala BPK Perwakilan Sumbar Arif Agus menyampaikan  kunker ke Kabupaten Padang Pariaman sebagai ajang silaturahim dan monitoring TLRHP BPK. Sebanyak 357 TLRHP harus diselesaikan sampai akhir tahun 2022.

“357 TLRHP itu terdiri dari setoran, perbaikan SOP, SPJ dan administrasi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, katanya, Padang Pariaman telah menyelesaikan 68,9 % TLRHP BPK pada semester I Tahun 2022.

Sehingga perlu perhatian khusus untuk mencapai persentase 85% pada semester II tahun ini.

“Kita yakin Komitmen Bapak Bupati dan jajaran untuk menyelesaikan tindak lanjut LHP dari tahun 2006 – 2022,” kata Arif lagi.

Sementara Inspektur Hendra Aswara akan menindaklanjuti arahan Kepala BPK Sumbar dan Bupati Padang Pariaman. 

Ia meminta, seluruh perangkat daerah untuk bekerja sama dalam penyelesaian LHP BPK sehingga mencapai target 85% hingga akhir tahun.

“Kita ucapkan terima kasih kepada Bapak Arif, Kepala BPK Perwakilan Sumbar, yang sudah datang langsung memberikan saran dan masukan ke perangkat daerah di Padang Pariaman,” sebutnya.

Untuk tindak lanjut administrasi, kata Hendra, telah diajukan sebanyak 120 rekomendasi dari 149 rekomendasi. 

Sedangkan temuan keuangan berupa pengembalian ke kas daerah sedang dalam proses oleh masing-masing perangkat daerah.

“Sesuai arahan Bapak Bupati, kita target 85% untuk penyelesaian TLRHP. Mudah-mudahan tercapai,” kata mantan Kepala DPMPTP itu.

Turut hadir mendampingi Bupati Suhatri Bur dalam acara menerima kunker Kepala BPK Perwakilan Sumbar tersebut Sekda Rudy Repenaldi Rilis dan seluruh Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman. (R/at)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »