Implementasikan Hasil Pembelajaran, STTAL Hidros Gelar Latihan Survei dan Pemetaan

BENTENGSUMBAR.COM - Dalam rangka mengimplementasikan hasil pembelajaran, Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Program Studi Hidro-Oseanografi  (Hidros)  menggelar  Latihan Pratek (Lattek) Survei dan Pemetaan tahun 2022, Jumat, (30/12/2022).

Lattek kali ini dilaksanakan di perairan Ancol Jakarta Utara selama 15 hari dengan melibatkan peserta sebanyak 66 orang, yang  terdiri dari Intruktur/Pelatih dari Pushidrosal, Dosen dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), serta Mahasiswa STTAL Hidros Program S2, S1 dan D3.

Komandan STTAL, Laksamana Pertama TNI Dr. Mukhlis, S.T., M.M., CHRMP., CACA., CRMP., menyampaikan dalam sambutannya yang diwakili oleh Kaprodi S2 STTAL Hidros, Letkol Laut (KH) Johar Setyadi, S.T., M.T., bahwa kegiatan Lattek ini merupakan modal awal dalam setiap pelaksanaan Operasi Survei dan Pemetaan Hidros.

"Yang pada masa mendatang merupakan medan juang para Mahasiswa untuk memajukan dan mendukung Indonesia sebagai poros maritim dunia serta menyongsong Indonesia Emas tahun 2045," katanya.

Dengan dilaksanakannya Lattek ini, Mahasiswa STTAL Hidros dituntut harus bisa merencanakan kegiatan Survey dan Pemetaan Hidros sesuai dengan prosedur dan standar yang benar. 

Melaksanakan pengukuran geodetik, pengukuran kedalaman laut, pengamatan dan pengukuran unsur-unsur oseanografi, pengamatan unsur-unsur cuaca dan pengumpulan data kewilayahan (geografi maritim) sesuai standar prosedur yang baik dan benar. 

Kegiatan Lattek ini sejalan dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., MTr.Opsla., bahwa pendidikan bagi SDM TNI AL harus terus dilaksanakan secara bertingkat dan berlanjut sesuai dengan kompetensinya, sehingga nantinya dapat menjadikan Prajurit TNI-AL yang profesional, modern dan tangguh.

Diharapkan lulusan dari STTAL Hidros nantinya dapat berpartisipasi aktif dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, baik di kancah nasional maupun internasional. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »