SUMBAR

Nomor Urut Parpol Peserta Pemilu 2024 Tak Berubah, Pengamat Singgung Megawati dan Ungkap Fakta Ini

          Nomor Urut Parpol Peserta Pemilu 2024 Tak Berubah, Pengamat Singgung Megawati dan Ungkap Fakta Ini
Nomor Urut Parpol Peserta Pemilu 2024 Tak Berubah, Pengamat Singgung Megawati dan Ungkap Fakta Ini
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin menilai nomor urut selalu mempunyai nilai dan makna sendiri bagi setiap parpol. 

Ada yang berpandangan untuk keberuntungan, ada pula dianggap bisa menarik simpati masyarakat.

"Misalnya dari sembilan partai, delapan tidak mau berubah karena nomor-nomor itu sangat penting, sangat dibutuhkan oleh partai politik dalam konteks agar masyarakat mudah mengenali, mengindentifikasi dan memilih partai tersebut," kata dia, dilansir dari Liputan6.com, Jumat (15/12/2022).

Karena itu, dirinya sepakat bagi partai yang tak mengubah nomor urutnya, jelas diuntungkan karena sudah dikenal dan melekat ke masyarakat terlebih oleh pemilihnya. 

"Jadi tinggal disosialisasi kembali dan masyarakat mudah untuk mengindentifikasi. Hanya tinggal mensosialisasikannya kepada pemilih baru," jelas Ujang.

Menurut dia, sedikit besar jelas ada pengaruhnya. Misalnya saja, Megawati yang mengajukan tidak diubah, karena dianggap berdampak besar. 

Bahkan, delapan dari sembilan partai di parlemen pun tidak berubah.

"Itu artinya berdampak pada ya anggap soal sosialisasi, soal kampanye, dan soal pilihan publik pada partai tersebut. Kalau sudah dikenal, kalau sudah dikampanyekan sebelumnya artinya tinggal mengulang saja, tidak dari nol lagi, tidak dari awal lagi apalagi ada spanduk, baliho dulu tinggal dikeluarkan lagi, bisa digunakan, artinya irit biaya juga," tegas Ujang.

Meski demikian, selain nomor urut, parpol di Pemilu 2024 harus lebih bermartabat dan menjalani demokrasi yang lebih sehat. 

Tunjukkan kepada masyarakat, bahwa kontestasi Pemilu itu bukanlah kontestasi untuk saling menafikan satu sama lain.

"Tapi kontestasi adu kehebatan, adu strategi, adu visi misi, adu program untuk mendapatkan hati rakyat, untuk mendapatkan pilihan rakyat. Jadi harus ke depan lebih memprioritaskan pada pertarungan ide dan gagasan," kata Ujang. (*)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: