Survei Ini Kuak ke Mana Larinya Suara Pemilih Jokowi, Tak Ada yang ke Puan Maharani?

          Survei Ini Kuak ke Mana Larinya Suara Pemilih Jokowi, Tak Ada yang ke Puan Maharani?
Survei Ini Kuak ke Mana Larinya Suara Pemilih Jokowi, Tak Ada yang ke Puan Maharani?
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Pilihan Presiden (Pilres) 2024 kurang lebih setahun lagi. Jauh-jauh hari, berbagai manuver politik pun sudah terjadi. Sejumlah nama yang digadang-gadang bakal maju nanti juga kian menguat.

Kemudian, berbagai survei juga sudah keluar untuk mengukur elektabilitas tokoh-tokoh tersebut. 

Bahkan menariknya, ada survei yang khusus meneliti ke mana arah suara para pendukung Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) di Pilpres nanti.

Kemarin, Rabu (07/12/2022), Lembaga Survei Jakarta (LSJ) merilis survei terbaru terkait arah dukungan suara pemilih Jokowi ini. 

Hasilnya, 34,2 persen pendukung Jokowi di Pilpres 2019 lalu akan pindah ke Prabowo Subianto pada Pemilu 2024 mendatang.

"Hasilnya, sebanyak 34,2 persen pendukung Jokowi mengaku akan memilih Prabowo Subianto," kata Peneliti LSJ Iqbal Mawardi dalam paparan survei secara daring di Jakarta.

Selanjutnya, sebanyak 32,4 persen mengarahkan pilihannya pada Ganjar Pranowo dan 14,8 persen menjatuhkan pilihan pada Anies Baswedan. 

Sisanya kata dia, 18,6 persen memilih tokoh-tokoh lain dan sebagian dari mereka belum bisa menentukan pilihan (undecided).

Survei itu kata dia dilakukan dengan analisis secara cross-tabulation untuk mengetahui ke mana pendukung Jokowi pada Pilpres 2019 akan mengarahkan pilihannya pada Pilpres 2024 nanti.

"Hingga kini pendukung Jokowi masih cenderung bersifat cair. Namun sebagian besar dari mereka cenderung memindahkan dukungannya pada Prabowo jika Ketua Umum Partai Gerindra maju pada Pilpres 2024 nanti," jelasnya.

Ia melanjutkan bahwa perolehan tersebut mengindikasikan bahwa sinyal-sinyal dukungan dari Presiden Jokowi kepada Prabowo dalam berbagai kesempatan cukup efektif mempengaruhi para pendukungnya dalam menentukan pilihan jelang Pilpres 2024.

"Sedangkan bagi para pendukung Jokowi yang bermigrasi ke Prabowo memandang Ganjar sebagai sosok potensial untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Prabowo," kata dia.

Adapun secara elektabilitas, Prabowo masih tertinggi sebesar 32,3 persen. 

Sementara, Anies di peringkat kedua dengan elektabilitas 20,5 persen dan Ganjar di peringkat ketiga dengan elektabilitas 19,7 persen.

"Sejak survei LSJ bulan Januari 2022, Prabowo selalu berada dalam posisi teratas dan elektabilitasnya terus meningkat," ujarnya.

Survei LSJ dilakukan pada tanggal 15-26 November 2022. Survei ini melibatkan sebanyak 1.220 responden yang tersebar di 34 Provinsi Indonesia.

Metode pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak bertahap atau multistage random sampling. 

Adapun, tingkat kesalahan atau margin of error yang diterapkan sebesar ±2,81 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Sumber: Suara
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter:

Maklumat:

Wartawan BentengSumbar.com hanya yang namanya tercantum di box redaksi. Wartawan BentengSumbar.com dalam bertugas dilengkapi dengan ID.Card. Untuk pemasangan iklan, artikel promosi produk, dan lannya, Anda dapat menghubungi kami melalui e-Mail: redaksi.bentengsumbar@gmail.com