Pengamat: Pidato Megawati Tegaskan Wibawa Partai

BENTENGSUMBAR.COM - Peneliti media sosial Institute for Digital Democracy (IDD) Yogyakarta, Bambang Arianto menilai bahwa pidato politik Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri dalam perayaan HUT ke-50 PDI Perjuangan, kian mempertegas wibawa partai (10/1/2023).

“Salah satu poin penting yang disampaikan oleh Megawati dapat ditafsirkan sebagai bukti bahwa posisi partai politik itu tidak boleh dianggap remeh," ungkapnya melalui keterangan tertulis yang diterima BentengSumbar.com, Kamis, 19 Januari 2022.


Hal itu, jelasnya, tersirat ketika Megawati menegaskan bahwa urusan pencalonan presiden ada ditangan ketua umum partai.

Menurutnya, pernyataan tersebut tepat, karena bisa memperkuat kewibawaan dari model kepemimpinan Megawati yang selama ini cukup mengayomi. 


"Itu artinya jangan sampai ada kekuatan lain diluar partai yang justru melakukan intervensi terhadap keputusan partai dalam urusan pencalonan presiden," ujarnya.

“Bila hanya sebatas usulan terhadap kandidat politik agar mendapatkan tiket politik itu sah-sah saja, tapi sebagai penentu akhir tetap saja ada di tangan partai politik," katanya.


Sebab bagaimanapun mekanisme partai politik harus kita hormati seperti yang diutarakan oleh Megawati. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »