Sumbar

Rayakan HUT ke-24, Padang Ekspres Gelar Turnamen Sepakbola U-10 & U-12

          Rayakan HUT ke-24, Padang Ekspres Gelar Turnamen Sepakbola U-10 & U-12
Dekan FIK UNP Prof Alnedral (tengah) bersama Wakil Direktur Padang Ekspres, Koordinator Liputan Eka Rianto dan Ketua Panitia Padek Cup 2023, Eko.
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Dalam rangkaian memperingati hari ulang tahun ke-24, Harian Padang Ekspres menggelar turnamen sepakbola usia 10 tahun (U-10) dan usia 12 tahun (U-12) di Lapangan Kampus II Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang (FIK UNP), Lubukbuaya, Kota Padang.

Direktur Padang Ekspres Mhd Nazir Fahmi menyebutkan bahwa kompetisi yang diadakan pada Sabtu-Minggu, 4-5 Februari 2023 itu, bagian kontribusi Padang Ekspres untuk lingkungan dan dunia sepakbola di Sumbar dalam rangkaian kegiatan HUT-24.

"Selain meningkatkan sportivitas dan semangat kompetisi sepakbola antar SSB (SSB) yang pada masa pandemi sempat terganggu, turnamen ini juga ajang memperkenalkan koran Padang Ekspres kepada anak-anak sehingga bisa meningkatkan minat baca atau literasi sejak dini. Apalagi pengaruh gadget dewasa ini sangat besar dampaknya bagi anak-anak sehingga kurang berolahraga dan membaca," ujar Nazir Fahmi didampingi Ketua Panitia Pelaksana HUT ke-24 Padang Ekspres Heri Sugiarto dan Ketua Panitia Padek Cup 2023 Eko Hermanto.

Eko Hermanto menjelaskan bahwa untuk pendaftaran peserta turnamen dibuka dari sekarang hingga 1 Februari.

"Setelah itu, kita lakukan technical meeting. Untuk kelancaran kegiatan ini, kita juga berkoordinasi dengan Asprov PSSI Sumbar, Polresta serta tim kesehatan dari Puskesmas Lubukbuaya Padang," kata Eko.

Untuk pendaftaran peserta, kata Eko, bisa menghubungi nomor kontak Asrul  (0853-6690-3220) dan Feri  (0852-7880-5883).

Sementara itu, Rektor UNP Prof Ganefri menyambut baik diadakannya turnamen antar SSB yang diadakan Padang Ekspres dengan menyediakan lapangan pertandingan di Kampus II FIK UNP, Lubukbuaya Padang. 

Hal itu, dinilainya sangat relevan dengan arahan Presiden Jokowi dan Menpora Zainuddin Amali yang juga mendorong agar seluruh cabang olahraga untuk melakukan pembinaan sejak dari usia dini pada seluruh cabang olahraga. Dimulai dari tingkat yang paling bawah, yakni kampung, desa dan kecamatan di Indonesia.

Dekan FIK UNP Prof Alnedral menambahkan bahwa turnamen sepakbola Padek Cup 2023 ini juga sejalan dengan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang mengarahkan pada penyiapan atlet sejak dini.

"UNP yang dimotori Pak Rektor Prof Ganefri telah ditetapkan Menpora sebagai sentra pembinaan olahraga dalam DBON. Maka, kita tentu sangat mendukung adanya pembinaan dan kompetisi olahraga usia dini yang digelar Padang Ekspres tersebut," kata Alnedral.

Menurutnya, UNP ditunjuk sebagai Sentra Latihan Olahragawan Muda Potensial DBON di luar Jawa, sebagai bentuk kepercayaan pemerintah terhadap UNP yang memiliki komitmen dalam ikut serta memajukan keolahragaan nasional. 

"UNP dengan sumber daya yang ada siap dan bersedia bersinergi dengan berbagai pihak untuk menyukseskan program itu. Kini telah dibuka pendaftaran bagi anak-anak kelas VII atau kelas 1 SMP dari seluruh Indonesia untuk dibina di UNP.  Semua biayanya ditanggung oleh pemerintah.

Saat ini sudah 47 orang siswa yang mendaftar dari berbagai daerah. Selain itu juga ada belasan calon pelatih dan tenaga pendukung untuk cabang olahraga atletik, renang, panahan dan taekwondo. 

"Semuanya diseleksi sesuai persyaratan yang sudah kita sosialisasikan ke Dinas Pendidikan, sekolah, KONI, Pengprov, dan Ikatan Guru Olahraga Nasional. Diharapkan pada Olimpiade 2036 nanti mereka bisa masuk seleksi atau ikut serta," jelas Alnedral saat menerima audiensi Wakil Direktur Padang Ekspres yang juga Ketua Pelaksana HUT ke-24 Padang Ekspres, Koordinator Liputan Eka Rianto dan Ketua Panitia Padek Cup 2023, Selasa (17/1).

Setelah diseleksi, para atlet akan dinapkan di asrama UNP bersama pelatih. Sekolah para siswa tetap seperti biasa di sekolah yang ada di UNP. "Semua biaya dan uang saku sampai mereka sarjana ditanggung oleh pemerintah," katanya.

Pewarta: Novrianto Ucoxs
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: