Ikuti Penilaian PPD Tahap II Tingkat Provinsi 2023, Padang Optimis Jadi yang Terbaik!

BENTENGSUMBAR.COM - Setelah masuk nominasi enam besar dalam ajang penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2023, Pemerintah Kota Padang resmi dinilai oleh Tim Penilai Utama dan Tim Independen. Penilaian itu pun dilangsungkan di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center, Selasa (31/1/2023).

Wali Kota Padang yang diwakili Sekda Andree Algamar bersama para Asisten, Kepala Bappeda Yenni Yuliza dan para pimpinan OPD terkait di lingkup Pemko Padang pun menyambut antusias kehadiran rombongan Tim Penilai yang diketuai Kepala Bappeda Sumbar Medi Iswandi itu.

Dalam hantaran katanya Sekda Kota Padang terlebih dahulu menyampaikan selamat datang dan selamat melakukan penilaian kepada rombongan Tim Penilai PPD tingkat Sumbar tahun 2023.

Sebagaimana untuk Tim Penilai Utama keanggotaannya berasal dari Bappeda Provinsi Sumbar dan Tim Penilai Independen terdiri dari para akademisi dari beberapa perguruan tinggi di Sumbar. 

"Atas nama Pemko Padang kita mengucapkan selamat datang kepada Bapak Ibu rombongan tim penilai. Kita Pemko Padang insya Allah optimis jadi yang terbaik dalam ajang penilaian PPD tahun 2023 ini. Semoga dengan itu dapat mewakili Sumbar ke lomba PPD tingkat nasional,” ujar Sekda.

Selanjutnya Sekda Andree Algamar juga memaparkan perihal visi dan misi daerah, 11 program unggulan (progul) Wali Kota serta prioritas pembangunan yang telah tertuang dalam RPJMD Kota Padang Tahun 2019-2024.

Selain itu ia juga menjelaskan terkait kondisi umum daerah, laju pertumbuhan penduduk, potensi ekonomi, keragaman budaya serta kearifan lokal hingga soal transparansi, peningkatan implementasi SAKIP termasuk penghargaan nasional yang diterima Pemko Padang atas pencapaian kinerja tahun 2022.

Dalam penyampaiannya Kepala Bappeda Sumbar Medi Iswandi mengatakan, PPD merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Pemprov Sumbar melalui Bappeda sesuai dengan arahan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). 

Dijelaskannya, ada empat aspek dan indikator penilaian antara lain Aspek Pencapaian Pembangunan, Aspek Kualitas Dokumen RKPD, Aspek Proses Penyusunan Dokumen RKPD dan Aspek Inovasi.

"Penghargaan yang didapatkan dalam ajang PPD tingkat Sumbar adalah sebuah bonus. Namun yang terpenting adalah bagaimana upaya untuk membantu kemajuan daerahn dan kesejahteraan masyarakat di Sumbar," terangnya didampingi Sekretaris Bappeda Sumbar Kuartini Deti Putri yang juga Tim Penilai. (Ady/Dv)

#Prokopim Pdg

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »