PPP Usung Ganjar Sebagai Capres, Gus Yaqut Diusulkan jadi Cawapres

BENTENGSUMBAR.COM - Sebagai salah satu badan otonom Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Generasi Muda Pembangunan Indonesia (GMPI) mengusulkan Yaqut Cholil Qoumas untuk menjadi calon wakil presiden mendampingi Ganjar Pranowo.

Usulan itu disampaikan GMPI, setelah PPP resmi memutuskan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres) pada Pemilu 2024, melalui Rapimnas V yang digelar di Yogyakarta.

Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat GMPI Badi Zamanil Masnur mengatakan, dari aspek kesejarahan politik perpaduan antara nasionalis-Islam tradisonalis selalu memenangkan kontestasi.

Atas alasan itu, kata Badi, Ganjar yang seorang nasionalis tepat jika berpasangan dengan Gus Yaqut yang merupakan tokoh Nahdlatul Ulama.

Memang, kata dia, saat ini ada sejumlah tokoh NU yang disebut-sebut punya kans sebagai pendamping Ganjar.

Mereka adalah Khofifah Indarparawansa, Mahfud MD, Yahya Cholil Tsaquf, Yaqut Cholil Qoumas, dan Said Aqil Siradj.

"Dari deretan nama-nama tersebut, sosok Yaqut Cholil Qoumas punya peluang paling besar," kata Badi kepada wartawan, Kamis (27/4).

Menurut Badi, banyak tokoh yang disebut-sebut oleh pengamat politik, survei politik, maupun diliput media yang digadang-gadang sebagai Cawapres pendamping Ganjar. 

Bahkan, partai politik dalam safarinya juga menggadang-gadang tokoh tertentu.

Dikatakannya, Gus Yaqut merupakan tokoh muda yang layak menjadi nominator bakal cawapres pendamping Ganjar.

Adik Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf ini dinilainya bisa menggaet pemilih dari kalangan generasi milenial dan generasi Z.

Menurut studi CSIS tahun 2022 lalu, Pemilu 2024 akan didominasi oleh kaum generasi Z dan milenial yang rentang usianya 17-39 tahun (hampir 60%).

Antara PPP dengan NU, kata Badi, tidaklah asing satu sama lain dan bahkan saling mengikat. 

PPP dilahirkan oleh NU dan Gus Yaqut kini memimpin Gerakan Pemuda Ansor, salah satu badan otonom NU.

"Gus Yaqut sebagai tokoh muda NU, Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor saat ini sanggup memimpin 10 juta Banser. Ansor dan Banser kini sanggup mengambil posisi tegas terdepan mengawal NKRI," tandasnya. 

Sumber: RMOL

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »