Terus Lakukan Mitigasi Bencana, Wako Hendri Septa Imbau Warga Tetap Siaga Hadapi Ancaman Gempa dan Tsunami

BENTENGSUMBAR.COM - Sebagai daerah yang memiliki pantai dan berbatasan dengan pantai barat Sumatera dan Samudera Hindia, tidak dipungkiri Kota Padang merupakan salah satu dari sejumlah kota yang berpotensi rawan terkena bencana gempa bahkan disertai tsunami.

Berbagai upaya mitigasi bencana pun terus dilakukan secara berkelanjutan oleh Pemerintah Kota Padang.

Mulai dari menyiapkan tempat dan jalur evakuasi, penyedian shelter, termasuk melakukan simulasi terutama bagi warga yang tinggal atau beraktifitas dekat dengan pantai.

"Alhamdulillah, masyarakat kita di Kota Padang saat ini sudah cerdas menyikapi bencana. Hal itu terlihat sewaktu terjadinya gempa bermagnitudo 6,9 beberapa hari lalu yang berpusat di laut 177 km barat laut Kepulauan Mentawai. Warga kita tahu bagaimana dan cara mengevakuasi diri. Jadi inilah yang kita inginkan, karena bencana gempa memang tidak bisa diketahui kapan terjadinya. Yang penting kita harus siaga dan tahu bagaimana cara menyelematkan diri," ungkap Wali Kota Padang Hendri Septa saat konferensi pers di kediaman resminya, Jumat (28/4/2023) pagi.


Lebih lanjut Wako Padang itu menyebut, pihaknya akan terus melakukan upaya mitigasi bencana sekaligus menyiapkan masyarakat dan semua pihak menjadi cerdas bencana. 

"Kita akan terus lakukan lagi upaya mitigasi bencana dengan tujuan meminimalisir dampak bencana atau timbulnya korban jiwa sewaktu terjadinya bencana. Meski Kota Padang telah menerima penghargaan dan pengakuan dunia oleh UNESCO-IOC terkait Tsunami Ready Community (Masyarakat Siaga Tsunami), namun kita tetap tidak boleh jumawa. Kesiapsiagaan harus kita lakukan," lanjut pemimpin Kota Padang tersebut menegaskan. 

Terakhir orang nomor satu di Kota Padang berharap Kota Padang senantiasa terhindar dari segala jenis bencana, terutama gempa bumi.


"Mari selalu kita berdoa semoga Kota Padang terhindar dari segala bentuk bencana. Bagi masyarakat  saya minta tidak boleh panik, yang penting itu adalah harus mampu melakukan langkah penyelamatan diri sewaktu terjadi bencana," tukasnya.

Dalam kesempatan itu hadir bersama Wali Kota Padang diantaranya Sekda Andree Algamar bersama Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi serta Kadis Kominfo Bobby Firman dan Kabag Prokompim Amrizal Rengganis. 

Juga hadir Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Padang Panjang Suaidi Ahadi saat itu. (Dv/Prokopim Pdg)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »