Jokowi Ambil Alih Perbaikan Jalanan Rusak Lampung, Kader Demokrat: Semua Gara-Gara Jokowi Bangun Tol

BENTENGSUMBAR.COM - Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengambil alih perbaikan jalanan rusak yang ada di Lampung pada Jumat (5/5/2023). Hal ini malah mendapat kritik dari salah seorang Anggota DPR.

Anggota Komisi V DPR RI Irwan Fecho mengkritik kebijakan Presiden Jokowi membangun jalan tol setelah heboh kondisi jalan rusak di Lampung.

Kritik disampaikan Irwan Fecho setelah Presiden Jokowi mengunjungi Lampung Tengah untuk melihat langsung kerusakan jalan di daerah yang dipimpin Gubernur Arinal Djunaidi itu, Jumat kemarin. 

Irwan Fecho menilai kerusakan jalan di daerah merupakan dampak dari kebijakan ambisius Presiden Jokowi dalam pembangunan tol. 

Kebijakan itu menurut politikus Demokrat itu tidak cuma menambah utang dan menghabiskan uang rakyat, tetapi juga membuat pembangunan jalan umum terabaikan. 

"Jalan-jalan umum buat rakyat tidak tertangani dan hampir semua di provinsi dan kabupaten/kota mengalami kerusakan parah," ucap Irwan Fecho di Jakarta, Sabtu (6/5/2023). 

Politikus asal Kalimantan Timur itu pun mengingatkan soal tugas seorang presiden dalam memimpin negara.

"Presiden itu bukan hanya mengurusi jalan nasional, tetapi juga seluruh jalan di negeri ini apapun statusnya," ucap ketua DPD Demokrat Kaltim itu.

Dia menyebut bila sudah tahu banyak jalan daerah yang rusak, presiden seharusnya mengubah kebijakan infrastruktur nasional.

"Setelah UU Nomor 2 terkait jalan ditetapkan 2022 pun, keseriusan presiden untuk menyelesaikan masalah jalan daerah belum optimal," ujar Irwan Fecho. 

Hal itu menurut Irwan Fecho terlihat dari anggaran kurangnya anggaran yang dialokasikan pemerintah untuk jalan daerah sesuai Inpres 3/2023 tentang Percepatan Konektivitas Jalan Daerah yang hanya Rp 32 T. 

"Seharusnya selain meningkatkan transfer keuangan daerah melalui DAK dan DAU, pemerintah juga meningkatkan nilai anggaran untuk Inpres Jalan Daerah," ujar Irwan Fecho.

Sumber: Konten Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »