Kunjungi BNPB, Wako Hendri Septa Ajukan Program Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana

BENTENGSUMBAR.COM -  Pascagempa bumi yang mengguncang wilayah Sumatera pada 25 April 2023 lalu, Wali Kota Padang Hendri Septa menemui kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia Letjen Suharyanto, di Kantor BNPB Pusat, Rabu (18/4/2023).

Wako Hendri Septa mengatakan, kunjungannya menemui Kepala BNPB dalam rangka menyampaikan usulan permohonan bantuan di bidang rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana di Kota Padang. 

"Sebagian penduduk Kota Padang tinggal di wilayah rawan bencana longsor," cakap Wako.

"Kita ingin mengajukan kepada BNPB untuk pembangunan Turap di beberapa wilayah rawan bencana di Kota Padang. Seperti halnya di kawasan Lambung Bukik Kecamatan Pauh," ucap Wako.

Lebih lanjut Wako Hendri Septa mengatakan, melihat letak geografisnya, Kota Padang juga memiliki risiko terkena megathrust, gempa dan tsunami yang cukup besar. 

"Lebih dari 400 ribu warga Kota Padang tinggal di pesisir pantai sehingga berpotensi terkena dampak bencana," ujar Wako. 

"Kita juga menganjukan pengadaan sirenai, perbaikan shelter dan hal yang dibutuhkan lainnya," sebut Wako.

Wako Hendri Septa berharap, dengan adanya upaya penguatan mitigasi dan pencegahan bencana dapat  meminimalisir dampak dari risiko bencana yang terjadi di Kota Padang. 

"Alhamdulillah, Bapak Kepala BNPB menyanggupi beberapa permohonan kita terutama mengenai pembangunan Turap," kata Wako.

"Saat ini kita mencoba memetakan wilayah rawan bencana di Kota Padang yang akan kita bangun Turap," pungkas Wako.

Hadir mendampingi Wali Kota Padang, Sekretaris Daerah yang juga Plt Kepala BPBD Kota Padang Andree Algamar.

Selain itu juga tampak, Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi, Kadis PURP Tri Hadiyanto, Kepala Bappeda Yenni Yuliza, Kabag Tata Pemerintahan Imral Fauzi dan Kabag Prokompim Amrizal Rengganis.(Mul/Prokopim Pdg).

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »