Pemko Padang Bahas Strategi Peningkatan PAD Bersama Bank Dunia

BENTENGSUMBAR.COM - Pemerintah Kota Padang menerima kunjungan dari Tim Bank Dunia (World Bank) yang ingin melakukan studi diagnostik terkait peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) sebagai bagian kegiatan 'district labs' selama 10-12 Mei 2023.

Rombongan Tim Bank Dunia yang dipimpin Naranggi Pramudya Sangko itu, disambut Sekdako Andree Algamar mewakili Wali Kota Padang di Gedung Putih Kediaman Resmi Wali Kota Padang, Rabu (10/5/2023) pagi.

Naranggi menyampaikan, maksud dari kunjungan pihaknya tersebut untuk melakukan studi diagnostik dasar administrasi PAD sekaligus diskusi terkait dukungan yang diperlukan untuk peningkatan PAD di Kota Padang.

"Terkait district labs yaitu merupakan bentuk kolaborasi antara Bank Dunia, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan enam kabupataen/kota percontohan di seluruh Indonesia. Tujuannya untuk mendukung upaya peningkatan PAD.

"Enam sampel dari kabupaten/kota yang ada di Indonesia yaitu Semarang, Makassar, Gorontalo, Manggarai Barat, Tangerang dan termasuk Kota Padang," jelasnya.

Ia pun lantas menyoroti PAD Kota Padang yang hampir 70 persennya berasal dari pajak daerah.

"Jika Pemko fokus melakukan upaya yang riil dan jelas, maka ini akan menghasilkan peningkatan PAD," menurutnya.

Sementara itu, Sekdako Padang Andree Algamar mengatakan perlunya 'brainstorming' untuk meningkatkan PAD.

"Atas nama Pemko Padang kita menyambut baik kunjungan dari Tim Bank Dunia kali ini. Alhamdulillah kita bersama saling berdiskusi sekaligus mencarikan strategi dalam peningkatan PAD," katanya.

Selanjutnya Sekdako Andree juga mengatakan butuh usaha dan inovasi serta starategi yang kuat untuk meningkatkan PAD di Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat tersebut.

"Kita siap untuk berinovasi untuk meningkatkan PAD Kota Padang. Alhamdulillah Bank Dunia melihatkan dukungannya," tukas Sekdako Padang.

Dalam kesempatan itu hadir Kepala Bapenda Kota Padang Yosefriawan beserta beberapa pimpinan OPD di lingkup Pemko Padang. (Dv/Prokopim Pdg)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »