Wako Pariaman Serahkan Bantuan Bibit Cabe dan Jahe untuk Kelompok Tani

BENTENGSUMBAR.COM – Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (PPP) Kota Pariaman menyerahkan bantuan bibit cabe dan jahe untuk kelompok tani di Kota Pariaman, Selasa (9/5/2023).

Bantuan kegiatan pengembangan kawasan cabai dan kawasan jahe tahun 2023 tersebut diserahkan secara simbolis oleh Walikota Pariaman, Genius Umar kepada tiga kelompok tani di Kota Pariaman, Kelompok Tani Jati Saiyo, Kelurahan Jati Hilir, Kelompok Tani Cahaya Gemilang Desa Pauh Timur dan Kelompok Tani Puja Desa Pakasai.

Turut hadir, Kepala Dinas PPP Kota Pariaman Dasril, Kabid TPH BUN Marlina Sepa, Pengawas Benih Tanaman Edialfi Unwara, Kepala UPT BPP Kota Pariaman Rizka Hafizah, Camat Pariaman Tengah, Camat Pariaman Timur, Kepala Desa Pakasai, Kepala Desa Pauh Timur, Lurah Jati Hilir serta Kelompok Wanita Tani (KWT) Jati Hilir.

Genius Umar menyebutkan, untuk kelompok tani Jati Saiyo dan kelompok tani Cahaya Gemilang masing-masing menerima sarana produksi cabai untuk lahan seluas 5 hektar dengan rincian, bibit cabai 70 bungkus, pupuk NPK 1.625 kg, mulsa plastik 35 roll.

Kemudian, untuk kelompok tani Puja Desa Pakasai menerima bantuan sarana produksi jahe untuk lahan seluas 5 hektar dengan rincian, bibit jahe 5.000 kg, pupuk NPK 1.375 kg, dan pupuk organik 3.000 kg.

Wako Genius mengatakan, cabe dan jahe ini untuk ketahanan pangan kita, yang menjadi program Pemko Pariaman dengan pemerintah pusat supaya tidak ada lagi lahan yang kosong.

“Dengan menanam cabe ini kita bisa memetik hasil panennya, apalagi harga  cabe yang saat ini melambung tinggi tentu akan dapat menguntungkan untuk petani kita ,” ujarnya.

“Jika cabe langka tentu akan menyebabkan inflasi, sehingga masyarakat pun akan sulit untuk mengkonsumsi cabe itu sendiri ,” tukasnya.

Genius meminta dinas terkait untuk mengembangkan berbagai tanaman, perikanan dan perkebunan dan semua komoditas di Kota Pariaman.

“Kembangkan produk pertanian yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi sehingga dengan begitu akan mengangkat perekonomian masyarakat terutama para petani ,” imbuhnya.

“Dinas Pertanian harus secara berkelanjutan melakukan pendampingan kepada para kelompok tani di Kota Pariaman ,” pungkasnya.

Kepala Dinas PPP Kota Pariaman Dasril mengatakan, kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari audiensi bapak walikota pariaman dengan Kementerian Pertanian beberapa waktu yang lalu dalam rangka mengantisipasi dan menurunkan angka inflasi. Karena beberapa bulan terakhir kita dilanda inflasi termasuk Kota Pariaman yang juga terdampak.

Dasril mengatakan, Pemko Pariaman terus berupaya mensejahterakan para petani salahsatunya dengan gerakan menanam cabe bagi kelompok wanita tani se-Kota Pariaman.

“Alhamdulillah hal ini telah terwujud dengan adanya bantuan bibit cabe dan jahe yang kita terima hari ini untuk segera diserahkan kepada kelompok tani di Kota Pariaman ,” tutup Dasril. (win/at)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »