Pimpin Apel Penertiban PKL, Wawako Ekos Albar: Lakukan Secara Humanis

BENTENGSUMBAR.COM - Wakil Wali Kota (Wawako) Padang Ekos Albar memimpin apel penertiban pedagang kaki lima (PKL) yang membandel di kawasan Pasar Raya Padang, Kamis (13/3/2023). 

Penertiban PKL yang mulai di kawasan Air Mancur sampai jalan Permindo itu dilaksanakan oleh petugas dan tim gabungan dari TNI-Polri, Satpol PP, Dinas Perdagangan dan Dinas Perhubungan Kota Padang.

Dalam arahannya, Wawako Ekos Albar mengatakan, penertiban PKL Pasar Raya Padang ini merupakan arahan dari Bapak Wali Kota Padang.

Oleh karena itu kepada petugas dan tim gabungan untuk mengedepan pendekatan secara humanis dalam melakukan tindakan penertiban kepada PKL yang berjualan di Pasar Raya Padang.

"Sebagaimana arahan dari Wali Kota Padang Bapak Hendri Septa, mari kita tertibkan PKL ini secara  humanis, karena para pedagang yang berjualan di Pasar Raya Padang ini, semuanya adalah saudara-saudara kita. Hindari hal-hal yang bersifat anarkis, usahakan secara persuasif dan bersikap seadil-adilnya," ucap Wawako Ekos Albar.

Wawako Ekos Albar, sejatinya penertiban yang dilakukan ini merupakan upaya dalam menjalankan Peraturan Walikota Padang Nomor 438 Tahun 2018 yang berisi tentang aturan jam berjualan bagi para pedagang.

Pedagang yang berjualan di Pasar Raya diperbolehkan berdagang mulai pukul 15.00 wib, sedangkan di kawasan Permindo mulai pukul Rp.17.00 Wib. 

Namun kenyataannya masih banyak pedagang yang berjualan sebelum jam yang ditentukan tersebut.

"Kita harus menjalankan Perwako yang sudah ada, ini adalah tugas kita sebagai aparat pemerintah. PKL yang melanggar harus diberikan teguran agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Kita harus jadikan kawasan Pasar Raya Padang ini rapi, sehingga masyarakat nyaman berbelanja," ujar Wawako Ekos.

Selanjutnya Wawako Ekos Albar mengucapkan terimakasih kepada Polresta Padang, dan Kodim 0312 Padang yang telah ikut membackup penertiban PKL di Pasar Raya Padang itu.

Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada Satpol PP, Dinas Pedagangan dan Dinas Perhubungan Kota Padang yang telah bekerja keras dalam penertiban PKL Pasar Raya Padang ini.

“Semoga sinergitas yang telah terbangun dengan baik ini dapat terus kita jaga dan dipertahankan dalam rangka menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat Kota Padang,” pungkas Wawako Padang itu. (Mul/ Prokopim Pdg)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »