PERADI Cabang Padang Gelar Pengangkatan 16 Orang Advokat, Ini Harapan Ifdhal Kasim

PERADI Cabang Padang Gelar Pengangkatan 16 Orang Advokat, Ini Harapan Ifdhal Kasim
Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) Kota Padang gelar pengangkatan Advokat PERADI tahun 2024, Kamis, 2 Mei 2024.
BENTENGSUMBAR.COM
- Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) Kota Padang gelar pengangkatan Advokat PERADI tahun 2024, Kamis, 2 Mei 2024.

Pengangkatan dilakukan Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) PERADI Dr. Luhut M. P. Pangaribuan, S.H., LL.M., yang diwakili Wakil Ketua Umum DPN PERADI Ifdhal Kasim, SH, LLM,. didampingi Ketua DPC Kota Padang Fauzan Zakir, SH, MH., dan segenap jajaran pengurus.

Ketua Panitia Pelaksana Robert Canedy Piliang mengatakan, Advokat yang dilakukan pengangkatan sebanyak 16 orang untuk angkatan I tahun 2024.

"Acara ini kita gelar berdasarkan Undang-undang nomor 18 tahun 2023 tentang Advokat, dan besok dilakukan pengambilan sumpah dan janji Advokat di Pengadilan Tinggi," katanya.

Pembacaan Surat Keputusan (SK) DPN PERADI tentang pengangkatan Advokat untuk wilayah hukum Sumatera Barat dilakukan oleh Alvon Kurnia Palma, Ketua Bidang Pembelaan Anggota dan Profesi Advokat DPN PERADI.

Wakil Ketua Umum DPN PERADI Ifdhal Kasim mengatakan, pengangkatan dilakukan setelah calon Advokat lulus PKPA, UPA dan magang berdasarkan  UU No. 18/2023 tentang Advokat.

"Kami berharap, Advokat yang telah dilakukan pengangkatan dapat melaksanakan tugas sesuai amanat Undang-undang," ujarnya.

Dikatakannya, Advokat merupakan bagian dari praktisi hukum yang memiliki peran sangat penting dalam proses peradilan.

"Advokat adalah bagian dari aparat penegak hukum. Advokat membantu hakim agar bisa menilai dan memberikan keadilan secara objektif," terangnya.

Pada kesempatan itu, Ifdhal Kasim juga membacakan amanat Ketua Umum DPN PERADI Dr. Luhut M. P. Pangaribuan, S.H., LL.M.

Sementara itu, Fauzan Zakir mengatakan, mengucapkan selamat kepada para Advokat yang baru saja dilakukan pengangkatan.

"Saya berharap kepada Advokat yang dilantik, ini pertanggungjawaban kita kepada Allah SWT., dan kita memiliki tanggungjawab untuk menegakkan keadilan di muka bumi ini," cakapnya.

Dikatakan Fauzan Zakir, besok pagi, Jumat, 3 Mei 2024, para Advokat yang dilakukan pengangkatan akan dilantik di Pengadilan Tinggi. 

Usai dilakukan pengangkatan, dilakukan pembekalan kepada para Advokat yang baru tersebut. (*)

Pewarta: Zamri Yahya

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »