TKN: Tak Masalah Presiden Jokowi Reshuffle Kabinet

TKN: Tak Masalah Presiden Jokowi Reshuffle Kabinet
Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Silfester Matutina menilai tidak masalah jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan reshuffle kabinet jelang akhir masa jabatannya.
BENTENGSUMBAR.COM
- Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Silfester Matutina menilai tidak masalah jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan reshuffle kabinet jelang akhir masa jabatannya.

Menurut Silfester, menteri-menteri yang kinerjanya menurun atau tidak satu visi dan misi dengan Presiden Jokowi, layak untuk diganti.

"Kami berharap di akhir pemerintahan, Presiden Jokowi secepatnya menanggapi apabila perlu, tetapi ini tergantung hak prerogatif presiden. Di akhir-akhir masa jabatan ini, menteri-menteri yang tidak performed, boleh saja presiden melakukan pergantian," ujar Silfester kepada Beritasatu.com, Kamis (20/6/2024).

Menurut Silfester, hal tersebut merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi sebagai bagian dari evaluasi kinerja para menteri. 

Yang terpenting menurutnya, reshuffle dilakukan berdasarkan data dan fakta yang valid soal kinerja para menteri.

"Itu semua tergantung kebijakan dan keputusan yang terbaik buat bangsa ini yang dilakukan Presiden Jokowi sebagai pemegang mandat rakyat. Presiden yang memiliki hak prerogatif untuk mengevaluasi kinerja para menterinya," tandas Silfester.

Silfester menilai, ada indikasi beberapa kementerian mulai berjalan di luar visi dan misi Presiden Jokowi. 

Termasuk, kata dia, ada  kementerian yang diduga kuat melakukan praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

Silfester mengaku dirinya sudah melaporkan hal tersebut langsung kepada Presiden Jokowi untuk menjadi bahan pertimbangan.

"Kalau kita melihat sebenarnya ada kementerian yang tidak satu visi dan misi dan juga melenceng dari kebijakan Jokowi, melakukan visi misi sendiri, bukan visi misi presiden," ungkap Ketua Umum relawan Jokowi, Solidaritas Merah Putih (Solmet) ini.

Meskipun demikian, kata Silfester, secara umum, pemerintahan Jokowi masih solid. 

Para menteri kabinet, dinilainya masih loyal kepada Jokowi dan fokus bekerja mengejar target yang sudah ditetapkan, meskipun berbeda pilihan politik di Pilpres 2024 lalu.

“Mengenai soliditas menteri di akhir masa jabatan presiden, kalau kita melihat hari ini masih solid, kondusif dan semuanya masih di bawah komando Presiden Jokowi. Ini langka karena biasanya di pemerintahan mana pun di akhir pemerintahan itu, para menterinya jalan sendiri, sudah tidak lagi loyal atau tidak lagi peduli dengan presidennya,” tuturnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »