Gubernur Irwan Prayitno: Sumbar Siap Dijadikan Pusat Daerah Satwa Alam

Gubernur Irwan Prayitno: Sumbar Siap Dijadikan Pusat Daerah Satwa Alam
BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Prof. DR. H. Irwan Prayitno, Psi, M. Sc, Datuk Rajo Bandaro Basa menegaskan, Sumbar siap dijadikan pusat daerah Satwa Alam, jika disetujui Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

"Kita siap saja jika disetujui Bu Menteri. Sebab, menjaga alam dan dilingkungan hidup didalamnya sebuah kebaikan dalam kesinambungan hidup semua makhluk ciptaan Allah," ungkap Irwan Prayitno saat peresmian Pusat Rehabilitasi dan Pelepasan Harimau Sumatera Dhamasraya di PT. Tidar Kerinci Agung (TKA) Sei. Talang Kab. Dhamasraya, Sabtu, 29 Juli 2017.

Peresmian Pusat Rehabilitasi dan Pelepasan Harimau Sumatera Dhamasraya tersebut bertepatan dengan hari Global Tiger Days yang diperingati pada setiap tanggal 29 Juli, dimana tercatat saat ini, ada 13 negara yang memiliki satwa harimau dengan berbeda spesiesnya.

Hadir dalam kesempatan itu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Dr. ir. Siti Nurbaya, MSi, Pimpinan TKA Hashim Djoyohadikusomo, Bupati Dharmasraya, Bupati Solok Selatan, jajaran kementerian lingkungan hidup dan kehutanan, kadis kehutanan dan Ka Bapedalda, beberapa pejabat dilingkungan pemkab Dhamasraya.

"Kondisi alam Sumatera Barat saat ini masih dalam kondisi baik dan tentu kondisi akan terawat jika masyarakat ikut serta dalam menjaga hutan dan lingkungannya secara baik pula," jelas Irwan.

Ia mengatakan, ada pesan Allah dalam Al Qur'an bahwa setiap ciptaannya memiliki setiap makna dan sesuatu hal yang penting dalam kehidupan dan keseimbangan ekosistem alam.

"Hari ini kami melepas seekor harimau betina bernama Lioni, mudah-mudahan awal kita bersama bertekad untuk menjaga kelestarian harimau di Sumatera Barat. Harimau Sumatera hampir punah, bukannya harimau itu yang merusak melainkan kita manusia yang berulah lebih awal, karena menganggu lingkungan hidupnya," tukuknya.

"Alhamdulillah pada kesempatan ini, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya menyampaikan, Pemerintah setuju Sumatera Barat menjadi Pusat Suaka Alam Sumatera, karena Sumbar amat memungkinkan dengan kondisi alam dan lingkungan hidup masih baik dan satwa dapat hidup berkembang baik pada habitatnya," pungkasnya.

(by)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »