PADANG

SUMBAR

Nasional

Parlementaria

DPR RI Minta Polisi Bongkar Seluruh Jaringan Saracen

Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta.

DPR RI Minta Polisi Bongkar Seluruh Jaringan Saracen
BENTENGSUMBAR.COM - Munculnya Saracen dinilai sebagai bukti rendahnya literasi masyarakat dalam memahami media sosial. Jika hal ini tidak disikapi dengan baik, bisa saja perpecahan di antara masyarakat akan terjadi.

Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta mengatakan, polisi tak perlu ragu menindak otak pelaku Saracen.

“Oleh karena itu, pemerintah harus adil dan tidak tebang pilih dalam menindak para pelaku penyebar konten negatif ini,” ujarnya saat diskusi di Warung Daun, Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 25 Agustus 2017.

Menurutnya pemerintah sebaiknya melakukan penindakan terhadap organisasi yang serupa dengan Saracen, yang sangat boleh jadi lebih besar, lebih terorganisasi, atau bahkan memiliki modal lebih besar.

“Keberanian Polri untuk mengungkap jaringan-jaringan lainnya tanpa tebang pilih tentu ditunggu masyarakat. Jika ini dilakukan secara konsisten, maka efek Shock Therapy diharapkan bisa terwujud,” pungkasnya.

Diketahui, Polri berhasil menciduk tiga pengurus Saracen, grup sosial media yang kerap menyebarkan dan memprovokasi masyarakat dengan isu SARA.

Tiga tersangka yang ditangkap, yakni MFT (43) yang berperan membidangi media dan informasi situs Saracennews.com, SRN (32), yang berperan sebagai koordinator grup wilayah, dan JAS (32), yang berperan sebagai ketua.

Kelompok Saracen ini telah eksis sejak November 2015 dan mereka diketahui menggunakan beberapa sarana untuk menyebarkan ujaran kebencian dan SARA.

(by/kl)

Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *