Sebut 99% Rakyat Indonesia Hidup Sangat Pas-pasan, Prabowo: Hasil Ini adalah Data, Fakta yang Diakui oleh Bank Dunia

Sebut 99% Rakyat Indonesia Hidup Sangat Pas-pasan, Prabowo: Fakta yang Diakui oleh Bank Dunia
BENTENGSUMBAR. COM - Prabowo Subianto menyebut masih banyak ketimpangan ekonomi yang terjadi sejak 73 tahun Indonesia merdeka. Prabowo menyebut kekayaan Indonesia hanya dinikmati segelintir orang.

"Kita melihat sekarang adalah keadaan yang saya sebut keadaan paradoks. Keadaan janggal setelah 73 tahun merdeka yang kaya hanya segelintir saja, dan ini bukan saya karang, bukan angkanya Prabowo Subianto," kata Prabowo di hadapan relawan emak-emak dan Prabowo-Sandi di Inna Heritage Hotel, Denpasar, Bali, Jumat, 19 Oktober 2018.

Ketum Gerindra itu pun menyebut fakta tersebut sudah diakui oleh Bank Dunia dan lembaga internasional lainnya. Mengutip data tersebut, Prabowo menyebut orang kaya di Indonesia tidak sampai 1 persen.

"Hasil ini adalah data, fakta yang diakui oleh Bank Dunia, oleh lembaga-lembaga internasional yang nikmati kekayaan Indonesia kurang dari 1 persen. Yang 99 persen mengalami hidup yang sangat pas-pasan, bahkan sangat sulit," sebut Prabowo.

Prabowo kemudian juga menyinggung soal krisis moneter yang terjadi pada 1998 lalu. Dia pun mengaku heran sebab kekayaan alam melimpah tapi Indonesia bisa mengalami krisis. 

"Saya beberapa tahun yg lalu 1998-1999 saya mendapat pencerahan pada saat itu katanya kita krisis ekonomi, rupiah ambruk, ribuan perusahaan, bank banyak tutup, aneh, aneh katanya Indonesia hebat pertumbuhan sekian tahun tiba-tiba dalam 1 tahun ambruk. Kemudian saya merenung, saya baca satu laporan beberapa helai kertas. Di situ saya lihat angka-angka neraca perdagangan ekspor dan impor," paparnya. 

Prabowo menambahkan sejak saat itulah dia mulai belajar ekonomi. Dia menyebut kala itu perdagangan Indonesia sebenarnya surplus.

"Saya bukan ahli ekonomi tapi saya terpaksa mau belajar, saya belajar ekonomi kenapa negara saya kaya tapi rakyatnya miskin. Ternyata saya dapat pencerahan tahun 1998 di saat ekonomi kita ambruk ternyata negara kita untung sebagai negara, sebagai bangsa. Yang kita jual ekspor kita lebih dari impor kita, jadi untung ya," terangnya. 

Prabowo pun menyamakan mengelola negara sama seperti saat emak-emak mengelola rumah tangga maupun warung. Dia minta para relawan emak-emaknya berjuang dengan kesadaran ekonomi.

"Jadi mengelola negara ekonominya itu sama dengan mengelola rumah tangga, sama dengan mengelola warung. Kalau yang tiap bulan ibu-ibu, emak-emak ini menerima uang lebih dari yang emak-emak keluarkan berarti rumah tangga ibu-ibu dikatakan sehat. Yang ibu keluarkan kurang dari yang ibu-ibu terima, sama dengan negara. Kalau yang dikeluarkan oleh negara itu lebih sedikit dari yang diterima ekonomi negara itu kuat artinya rupiah menguat, kalau ekonomi melemah rupiah melemah, dan kalau yang kita terima kurang dari yang kita hasilkan itu namanya rugi," urainya. 

(by/detik.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »