PADANG

SUMBAR

Iklan Bapenda

Arab Saudi Deportasi Belasan Rohingya ke Bangladesh

          Arab Saudi Deportasi Belasan Rohingya ke Bangladesh
Foto: Pengungsi Rohingya. Arab Saudi mendeportasi belasan pengungsi Rohingya ke Bangladesh.
Iklan Albert
Arab Saudi Deportasi Belasan Rohingya ke Bangladesh
BENTENGSUMBAR. COM - Arab Saudi mendeportasi belasan pengungsi Rohingya ke Bangladesh, meskipun mereka berasal dari Myanmar. Sebelumnya, para pengungsi Rohingya ditampung di pusat penahanan Shumaisi di Jeddah.

Dilansir dari laman Aljazeera, Rabu 16 Januari 2019, beberapa Rohingya juga diborgol ketika mereka berusaha menolak dideportasi ke Bangladesh. Menurut salah satu pengungsi, mereka telah ditahan di pusat penahanan di Jeddah selama enam tahun terakhir sebelum dideportasi.

"Mereka (petugas) datang ke sel kami di malam hari sekitar pukul 21.00 (waktu setempat), mengepak tas-tas kami dan memberitahu kami untuk bersiap pergi ke Bangladesh," kata seorang pengungsi Rohingya.

"Sekarang saya diborgol dan akan dibawa ke negara yang bukan asal saya. Rohingya bukan berasal dari Bangladesh," ucap dia.

Mayoritas, para pengungsi Rohingya ini kedapatan memasuki Arab Saudi menggunakan visa ziarah namun setelah itu mereka bekerja. Mereka dikirim ke pusat penahanan ketika terjaring razia dan ditemukan tanpa memiliki dokumen sah untuk bekerja.

Sebagian besar Rohingya masuk ke Arab Saudi pada 2012 ketika kekerasan meletus di Rakhine. Ketika sampai di Dhaka nanti, mereka akan bergabung dengan para keluarga Rohingya yang ditampung sementara di Cox's Bazar.

Ketika memasuki Arab Saudi, mereka tidak dianggap sebagai Rohingya, karena identitas tersebut tidak diakui Arab Saudi. Rohingya dianggap sebagai keturunan India, Pakistan, Bangladesh atau Nepal.

Para pejabat Arab Saudi pun mencoba menawarkan para pengungsi Rohingya ini kepada negara-negara tersebut untuk dideportasi, dan hanya Bangladesh yang mau menerima.

(Source: metrotvnews.com)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *