Dahnil ke Moeldoko: Habib Rizieq Bukan Tak Mau Pulang tapi Tak Bisa Pulang

Dahnil ke Moeldoko: Habib Rizieq Bukan Tak Mau Pulang tapi Tak Bisa Pulang
BENTENGSUMBAR.COM - Eks koordinator juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak, menanggapi pernyataan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko yang meminta Habib Rizieq pulang sendiri ke Indonesia. 

Dahnil menyebut Habib Rizieq bukan tak mau pulang, melainkan tidak bisa pulang. 

"Masalahnya adalah Habib itu bukan tidak mau pulang, tapi tidak bisa pulang. Kenapa? karena saya sering menyebutnya sebagai faktor X, faktor X itu bisa merobohkan portal yang menghambat Habib Rizieq pulang itu pemerintah sendiri, jadi makanya sebenarnya bolanya yang bisa membuka pintu Habib Rizieq pulang itu di pemerintah sendiri," kata Dahnil kepada wartawan, Selasa, 10 Juli 2019 malam. 

Dahnil kemudian bicara 'portal' yang menghalangi Habib Rizieq untuk pulang ke Indonesia. 

Menurut Dahnil, 'portal' itu hanya bisa dibuka oleh pemerintah.

"Itu portal di tangan pemerintah, Habib itu nggak bisa keluar dari Arab Saudi, tentu itu ada... Kita nggak tahu apa komunikasi pemerintah Indonesia dengan pemerintah Arab Saudi, itulah yang kita harapkan dibuka pemerintah Indonesia sehingga Habib bisa kembali ke sini, bisa kembali dengan umat berdakwah," ujar dia. 

Mantan Ketum PP Pemuda Muhammadiyah itu juga meluruskan anggapan soal Habib Rizieq menjadi syarat rekonsiliasi Prabowo dan Jokowi.

Menurut Dahnil, pemulangan Habib Rizieq merupakan salah satu cara untuk mengubur dendam politik di Pilpres 2019.

"Habib Rizieq kan tokoh yang berseberangan dengan pemerintah kemudian mengkritik pemerintah selama Pak Jokowi berkuasa kemudian dalam suasana politik itu, dalam perdebatan politik itu, kemudian beliau terpaksa harus pergi pergi ke Mekah dan sebagainya," ujar dia.

"Karena ada perbedaan sikap politik itu, kemudian Habib Rizieq ini kan tokoh yang mempunyai basis massa, beliau tokoh ulama yang disegani dan banyak pengikut di Indonesia sehingga bagaimana pun juga itu perselisihan Habib Rizieq dengan rezim itu berdampak kepada suasana politik, sehingga kalau kemudian itu dibiarkan saja, itu akan memunculkan dendam politik, nah ini kan pilpres sudah selesai. Saya sih berharap di masa depan, kita bersama-sama mengubur dendam politik, salah satu caranya itu tadi, membuka pintu agar Habib bisa pulang," sambung Dahnil.

Sebelumnya, Moeldoko heran atas pernyataan membawa pulang Rizieq sebagai syarat rekonsiliasi. Dia pun menyarankan Rizieq sebaiknya pulang sendiri ke Indonesia.

"Pergi, pergi sendiri, kok kita ribut mau mulangin, kan gitu," kata Moeldoko saat ditemui di Istana Bogor, Selasa, 9 Juli 2019.

"Ya pulang sendiri saja, nggak beli tiket, baru gua beliin," lanjutnya.

(Source: detik.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »