PADANG

SUMBAR

Iklan Bapenda

Ngabalin: Desain hingga Onderdil Esemka Kreasi Anak Indonesia

          Ngabalin: Desain hingga Onderdil Esemka Kreasi Anak Indonesia
Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin.
Ngabalin: Desain hingga Onderdil Esemka Kreasi Anak Indonesia
BENTENGSUMBAR.COM - Partai Gerindra menuding mobil Esemka menggunakan komponen yang didatangkan dari China dan pabrik Esemka hanya jadi tempat perakitan. Pihak Istana membantah dengan menyebut bahan dasar pembuatan mobil berasal dari dalam negeri.

"Esemka, brand, dan komponen dasar, desain, dan sparepart (onderdil) oleh anak Indonesia. PT Solo Manufaktur Kreasi itu perusahaan swasta 100 persen anak negeri Indonesia," ucap Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin saat dihubungi, Sabtu, 7 September 2019.

Bagi pihak yang meragukan, Ngabalin menyarankan untuk datang langsung ke pabrik di Boyolali, Jawa Tengah. Mereka bisa melihat proses pembuatan mobil tersebut.

"Mesti datang ke Boyolali untuk dilihat. Kenapa begitu, karena bahan kan dari Krakatau Steel, industri baja diambil dari Krakatau Steel. Kemudian modal, jangan lupa sparepart digunakan dari pasar (lokal) kan. Itu sebabnya teknologi umum, kalau kayak Esemka itu tidak gunakan sistem komputerisasi rumit," kata Ngabalin.

Ngabalin tidak bisa menjelaskan secara spesifik proses produksi mobil Esemka. Namun dia meminta setiap politikus memberi apresiasi.

"Secara teknis harus menjelaskan, tentu sangat spesifik. Secara garis besar baik politisi dan siapa saja yang melihat produksi solo manufaktur itu karya besar yang perlu diapresiasi," ujar Ngabalin.

Ngabalin tidak mau ambil pusing atas unggahan-unggahan yang menyebut mobil Esemka sama dengan buatan China. Dia hanya mengatakan kesamaan bisa saja terjadi di semua negara.

"Di banyak negara juga banyak hal sama. Tapi kalau medsos ukuran Indonesia ini, capek kita (jelaskan). Kalau media mainstream kita bisa klarifikasi, di medsos kita capek," kata Ngabalin.

Seperti diketahui, kemarin, Jumat, 6 September 2019, Presiden Jokowi meresmikan pabrik mobil Esemka. Dalam peresmian itu, juga diluncurkan mobil pikap yang diberi nama 'Bima Esemka', kemudian mobil Digdaya Esemka dan minivan dengan nama Borneo Esemka.

Mobil Esemka itu kemudian dipertanyakan oleh Gerindra. Gerindra menyebut mobil yang diluncurkan mirip dengan produk asal China. Tak hanya itu, mereka juga menuding pabrik mobil Esemka hanya menjadi tempat perakitan.

(Source: detik.com)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *