Mahyeldi: Bangun Karakter dan Integritas Diri Melalui Pendidikan

Mahyeldi: Bangun Karakter dan Integritas Diri Melalui Pendidikan
BENTENGSUMBAR.COM - Proses globalisasi secara terus-menerus akan berdampak pada perubahan karakter generasi muda Indonesia. Kurangnya pendidikan karakter akan menimbulkan krisis moral yang berakibat pada perilaku generasi muda tersebut.

Demikian disampaikan Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah saat menjadi pemateri acara Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah (LKMM TM) se-Indonesia Tahun 2019 yang diadakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Andalas, di Gedung I Unand, Selasa, 15 Oktober 2019.

Sebagaimana materi yang disampaikan yaitu "Membangun Karakter dan Integritas Diri", yang diikuti berbagai mahasiswa perguruan tinggi se-Indonesia. Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang yang diwakili Kabid Pendidikan Dasar Inriyedi Bakri.

Mahyeldi menambahkan, untuk membangun karakter dan integritas diri sangat erat kaitannya dengan pendidikan, di mana tujuannya adalah untuk membentuk dan melatih kemampuan individu secara terus-menerus guna menyempurnakan diri kearah yang lebih baik.

"Adapun yang harus ditanamkan kedalam diri adalah nilai-nilai pembentuk karakter yang bersumber dari agama, Pancasila, dan budaya asli bangsa Indonesia. Contohnya seperti, nilai-nilai religius, toleransi, kerja keras, mandiri, disiplin, semangat kebangsaan, cinta damai dan peduli lingkungan. Maka dari itu mahasiswa semua yang hadir diwajibkan untuk mempelajari itu semua, supaya karakter dan Integritas diri dapat terbangun," jelasnya.

Lebih jauh dijelaskan Mahyeldi, pada 2040 Indonesia diprediksi menjadi empat negara besar di dunia. Saat itu Indonesia mendapatkan sebuah anugrah yang tidak dimiliki oleh bangsa lain yaitu bonus demografi.

"Bonus demografi adalah penduduk usia produktif atau usia muda diprediksi mencapai 64 persen dari total jumlah penduduk yang diproyeksikan sebesar 297 juta jiwa. Agar Indonesia dapat memetik manfaat dari bonus demografi tersebut, maka ketersediaan sumber daya manusia usia produktif yang melimpah harus diimbangi dengan peningkatan kualitas dari sisi pendidikan dan keterampilan. Maka dalam hal ini, generasi muda harus terus dibekali dengan pendidikan karakter," jelasnya lagi.

Ia berharap, melalui pelatihan LKMM TM ini mahasiswa dapat mengembangkan karakter diri untuk menjadi pemimpin dimasa depan. Karena kemajuan dari bangsa ini terletak pada ditangan pemuda hari ini. Pemuda hari ini adalah pemimpin dimasa depan," imbuhnya mengakhiri. 

(Muliadi)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »