Lifestyle

PADANG

SUMBAR

Turis Cina Datang ke Sumbar, DPD KNPI Padang Imbau Masyarakat Waspada Virus Corona

          Turis Cina Datang ke Sumbar, DPD KNPI Padang Imbau Masyarakat Waspada Virus Corona
Foto: Ketua DPD KNPI Kota Padang Megri Fernando.
Iklan HPN Rahmat Saleh
Ketua DPD KNPI Kota Padang Megri Fernando
BENTENGSUMBAR.COM - Ratusan turis Cina datang berwisata ke Sumatera Barat, Ahad pagi, 26 Januari 2020.

Namun, publik Sumatera Barat mengungkapkan rasa cemasnya akan kedatangan turis asal Cina tersebut. Pasalnya, di Cina saat ini sedang mewabah virus corona yang mematikan.

Terkait dengan kecemasan masyarakat tentang kedatangan ratusan turis dari Cina tersebut, Wakil Wetua Bidang Kesehatan DPD KNPI Kota Padang  Dr. Fajar Decroli mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik, namun selalu waspada.

Menurutnya, virus ini menyerang sistem pernafasan sehingga dapat menimbulkan gejala demam tinggi, batuk dan sesak nafas.

Ia menjelaskan, virus corona hanya menginfeksi hewan saja, akan tetapi dapat berkembang dan menjangkiti manusia. Manusia yang pertama terjangkit virus corona ini diketahui terjadi di pasar makanan laut kota wuhan. Dan sekarang dapat berpindah dari manusia ke manusia melalui batuk atau bersin dari penderita virus corona.

Jika terindikasi mengalami hal - hal tersebut, ujarnya lagi, agar segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat. Dan sedapat mungkin tidak mengunjungi daerah yang sedang mengalami epidemi virus corona.

Untuk pencegahan dini, katanya lagi, dapat dilakukan dengan mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun, menggunakan masker bila batuk dan pilek, hati-hati kontak dengan hewan, hindari kontak dengan suspect virus corona dan jangan mengkonsumsi daging yang tidak masak.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Kota Padang Megri Fernando mempertegas, terkait adanya ancaman wabah virus carona.

Menurutnya, perlunya ada pemahaman dan edukasi yang diberikan oleh pemerintah dan elemen-elemen terkait, sehingga adanya pemahaman terhadap masyarakat dan dapat dilakukan proses tindakan secara dini.

Ia juga mengimbau untuk para pemuda dan masyarakat untuk tetap saling menjaga, waspada dan paham terhadap permasalahan yang ada secara bersama-sama.

(by/rel)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *