Headline

Opini

PADANG

Sports

Puan Maharani: Semangat Gotong Royong Cerminkan Masyarakat Indonesia

          Puan Maharani: Semangat Gotong Royong Cerminkan Masyarakat Indonesia
BENTENGSUMBAR.COM - Awal 2020 menjadi momen saat virus korona masuk ke Indonesia. Banyak masyarakat terdampak akan virus tersebut bahkan ada beberapa oknum memanfaatkan adanya pandemi untuk mendapatkan untung sendiri.

Mulai dari menimbun masker dan menjualnya dengan harga yang mahal. Hal itu membuat sebagian orang geram atas kejadian itu. Ada pula penimbunan 129 tabung oksigen yang melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET).

Walaupun demikian, masih ada sebagan masyarakat yang mau membantu sesama untuk para korban pandemi. Hal itu mencerminkan sikap semangat gotong royong. 

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani mengajak semua pihak untuk bergotong royong menangani pandemi Covid-19 serta menjalankan protokol kesehatan di tengah lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia. 

"DPR mengajak semua komponen dan anak bangsa untuk bergotong royong dalam menangani pandemi Covid-19, mengambil bagian serta tanggung jawab bersama untuk menjalankan protokol kesehatan untuk kepentingan bersama," kata Puan.

Ia melanjutkan DPR mengapresiasi semua pihak yang tidak kenal lelah menangani pandemi Covid-19, khususnya semua tenaga kesehatan dan aparat yang berjuang di garda terdepan.

Itu menuturkan, DPR juga mendukung kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat di Pulau Jawa dan Bali serta beberapa wilayah lainnya untuk menekan lonjakan Covid-19. 

"Pemerintah agar segera melakukan upaya antisipasi dan mitigasi terhadap lonjakan kasus Covid-19 di luar wilayah Jawa dan Bali," kata dia. Puan melanjutkan, permasalahan yang muncul di tengah-tengah masyarakat selalu menjadi perhatian DPR, terutama yang terkait dengan penanganan pandemi Covid-19 dan dampaknya.

Ia menyebutkan, DPR melalui komisi-komisi di dalamnya telah melakukan fungsi pengawasan atas berbagai permasalahan, antara lain percepatan vaksinasi dan penanganan pasien Covid-19.

Kemudian, evaluasi PPKM darurat dan dampaknya bagi perekonomian, penimbunan oksigen dan tingginya harga obat Covid-19, kebutuhan rumah sakit dan tenaga medis, serta persiapan mengikuti Olimpiade Tokyo 2020. "Pimpinan DPR mengajak semua pihak untuk bergandengan tangan menyelamatkan bangsa dan negara dalam perang menghadapi pandemi Covid-19, menyatukan seluruh energi bangsa untuk dapat mengatasi pandemi Covid-19," kata Puan.

Puji Generasi Muda

Puan Maharani memuji partisipasi generasi muda, termasuk dari kalangan mahasiswa, yang turut bergotong royong dalam menghadapi pandemi Covid-19. Gotong royong itu mulai dari berbagi informasi lewat media sosial hingga membantu langsung masyarakat terdampak.

“Saya melihat di beberapa kampus para mahasiswa sudah sangat kreatif memanfaatkan medsos untuk memicu gotong royong di almamaternya masing-masing dalam menghadapi pandemi Covid-19,” kata Puan.

Puan hadir secara virtual dalam kegiatan bertajuk ‘Menguatkan Ideologi dan Nasionalisme Generasi Z, Untuk Bergotong Royong Merajut Negeri Hadapi Pandemi’ tersebut.

Puan menilai gotong-royong yang mengakar kuat dalam diri para mahasiswa ini merupakan cerminan dari masyarakat Indonesia pada umumnya.

“Mulai dari sharing informasi tentang donor plasma konvalesen, tentang lokasi vaksin, informasi ketersediaan obat, ketersediaan rumah sakit, isi tabung oksigen, bantuan isolasi mandiri, termasuk membantu para pedagang kantin di kampus masing-masing yang sedang tidak bisa berdagang,” papar Puan.

Puan menegaskan, DPR dan pemerintah juga akan terus bergotong royong dalam menghadapi pandemi Covid-19. Puan menyebut, DPR dan Pemerintah bergandengan tangan untuk mengambil keputusan-keputusan penting yang diperlukan Indonesia saat pandemi.

“Contohnya, berbagai anggaran yang telah dialokasikan negara untuk bantuan-bantuan sosial dan insentif-insentif bagi masyarakat untuk menghadapi pandemi Covid-19. Itu adalah hasil dari pembahasan DPR bersama pemerintah,” katanya.

Puan pun mengajak seluruh elemen bangsa agar menerapkan prinsip gotong royong dalam menghadapi pandemi di setiap lini. Sekecil apapun bentuknya, kata Puan, pasti akan sangat membantu.

“Dengan kita semua menerapkan gotong royong dalam lingkungan kita masing-masing, mulai dari yang kecil-kecil, ketika kita kumpulkan akan menjadi sebuah gotong royong berskala besar, yang Insya Allah dapat membantu usaha bersama kita untuk membawa Indonesia keluar dari Pandemi,” papar Puan.

Puan juga berbicara mengenai perubahan kebiasaan yang terjadi akibat pandemi, termasuk dalam lingkup formal seperti kegiatan belajar di perguruan tinggi. Namun Puan meyakini era baru pandemi ini tak meluruhkan semangat generasi muda yang penuh tekad dan semangat.
 
Laporan: Mela
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...