Tuding Pemerintah Pro Beijing, Rizal Ramli: Jokowi Sudah Terpengaruh China

Tuding Pemerintah Pro Beijing, Rizal Ramli: Jokowi Sudah Terpengaruh China
BENTENGSUMBAR.COM - Mantan Menteri Koordinator Kemaritiman, Rizal Ramli menilai pemerintahan saat ini pro Beijing dan Presiden Jokowi sudah terpengaruh oleh China.


Hal terkait pemerintahan Jokowi pro Beijing China tersebut diungkapkan Rizal Ramli lewat sebuah video yang diunggah oleh pengguna Twitter Sahabat_Bangsa, seperti dilihat pada Rabu 11 Agustus 2021.


“Kesan terhadap pemerintahan Jokowi ‘pro Beijing’ akan menjadi masalah tersendiri bagi Indonesia di dunia internasional,” cuit netizen Sahabat_Bangsa.


Dalam video wawancara yang ditayangkan kanal Youtube Bravos Radio Indonesia itu, tampak awalnya host menyinggung soal kunjungan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) ke Asia Tenggara namun tidak mampir ke Indonesia.


“Indonesia tidak masuk dalam jadwal kunjungan Wakil Presiden Amerika Serikat ke Asia Tenggara dan hanya mampir ke Singapura tapi tidak masuk ke Indonesia,” kata host.


Ia pun lantas menanyakan kepada Rizal Ramli terkait kaitan antara kunjungan Wapres AS tersebut dengan ketegangan di Laut China Selatan.


“Kalau kaitannya dengan ketengangan di Laut China Selatan dan kunjungan Wakil Presiden Amerika Serikat kemarin ke Asia Tenggara tidak mampir ke Indonesia, itu bagaimana?,” tanya sang host kepada Rizal Ramli.


Menjawab hal itu, Rizal pun menilai bahwa pemerintahan Jokowi yang pro Beijing menimbulkan masalah dalam hubungan antara Indonesia dengan dunia internasional.


“Image bahwa pemerintahan Jokowi pro Beijing itu akan menimbulkan masalah sendiri,” ujar Rizal Ramli.


Menurut ekonom senior itu, apabila Jokowi cerdas dan bijaksana maka ia pastinya akan mengintrospeksi diri terkait hal itu.


“Kalau Jokowi cerdas dan bijaksana, dia sudah pasti introspeksi,” tutur Rizal Ramli.


Selain itu, Rizal Ramli juga menilai pemerintahan Presiden Jokowi saat ini semakin lama dinilainya makin terpengaruh oleh China.


“Pemerintah Jokowi semakin lama dinilai makin terpengaruh oleh China,” ujarnya.


Source: terkini.id

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »