7 Perubahan yang Sebaiknya Perempuan Lakukan Saat Menginjak Usia 30 Tahun

SEIRING berjalannya waktu, usia akan terus bertambah. Perempuan yang mulai memasuki usia 30 Tahun terkadang kerap merasa cemas dan khawatir. Tidak salah memang, sebab kita harus melalui setiap fase kehidupan. 

Ketika menginjak kepala tiga, perempuan seharusnya sudah menjadi pribadi yang lebih matang dan mapan. Entah itu matang dalam pemikiran atau mapan dalam pekerjaan. 

Lalu, sebaiknya apa yang harus dilakukan oleh perempuan yang mulai menginjak usia 30-an? Simak penjelasannya di bawah ini: 

Lebih Menghargai Waktu   

Roda kehidupan akan selalu berputar. Oleh karena itu, kita harus lebih menghargai setiap detik dan waktu yang dimiliki. Bersemangatlah untuk terus mencoba hal-hal baru. Lakukan apapun yang disukai dan menjadi sumber kebahagiaan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di luar sana.

Bersyukur akan Banyak Hal 

Terkadang kita merasa bahwa waktu begitu cepat berlalu. Yang tadinya baru saja menginjak usia 25 tahun, lalu tiba-tiba sudah mau kepala tiga saja. Saat berada di usia 30 tahun, baiknya lebih banyak bersyukur akan semua hal yang sudah didapatkan dan dimiliki. Namun, jangan lupa untuk terus mengejar mimpi yang belum terwujud.

Hentikan Kebiasaan Buruk

Beberapa dari kita bisa jadi memiliki kebiasaan buruk, entah itu hobi merokok atau minum minuman keras. Perlahan, mulailah menghentikan kebiasaan burukmu itu, terlebih ketika usiamu mulai menginjak kepala tiga. Hal ini dilakukan tidak lain tidak bukan adalah demi kesehatan. 

Seperti yang kita ketahui, merokok dan minum minuman keras akan membuat kita terkena risiko penyakit berbahaya, seperti kanker, serangan jantung, dan penyakit lainnya. Jadi, sebaiknya kurangi dan hentikanlah sebelum terlambat. 

Tinggalkan Lingkungan yang Toxic

Disadari atau tidak, kita mungkin pernah berada dalam lingkungan pertemanan yang toxic. Saat masih berusia 20-an, kita mungkin memilih untuk bertahan di lingkungan tersebut. Namun, seiring bertambahnya usia, ternyata kita lebih memilih kenyamanan dibandingkan memiliki banyak teman tapi membuat hati tidak tenang.

Sesungguhnya saat usia kita bertambah, circle pertemanan akan semakin berkurang. Kita hanya akan bertahan dengan mereka yang selalu ada dan tetap mau mendengarkan dengan hati yang tulus. 

Rutin Berolahraga

Saat memasuki usia 30-an, janganlah malas-malasan berolahraga. Semakin bertambah usia, justru kondisi fisik akan ikut menurun. Oleh karena itu, cara membuat tubuh tetap bugar adalah dengan melakukan aktivitas fisik. 

Tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup berolahraga ringan, seperti jogging di sekitar lingkungan rumah, work out di teras rumah, lari pagi saat sebelum memulai aktivitas, yoga ketika libur bekerja, dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan. 

Disiplin dalam Hal Keuangan

Sadar atau tidak, saat masih berusia 20-an, kita mungkin terlalu banyak berfoya-foya, menghabiskan uang yang dimiliki untuk sekadar memuaskan hasrat diri sendiri. Begitu sampai di usia 30-an, hal tersebut harus diubah.

Mulailah pelan-pelan untuk mengatur keuanganmu. Buatlah rincian berapa pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya. Hal ini dilakukan agar kita mengetahui bagaimana cash flow keuangan. 

Apabila memiliki pemasukan selain dari gaji utama, tetaplah buat rinciannya agar semuanya bisa terkontrol dengan baik. Untuk pengeluaran, bisa dicatat seberapa besar biaya hidup, makan, transportasi, tagihan tempat tinggal, cicilan, tagihan internet, tagihan listrik, dan lain sebagainya. 

Dari pemasukan yang kamu dapatkan, alangkah baiknya untuk menabungkan sebagian atau mulai berinvestasi, entah itu melalui emas, saham, reksadana, atau yang lainnya. Jika memang ingin mulai investasi, tetap lakukan sesuai kebutuhan dan kemampuan. 

Evaluasi Karier

Kita mungkin sudah bekerja sama lebih dari lima tahun begitu memasuki usia 30 tahun. Mulailah untuk melakukan evaluasi akan kariermu. Coba tanya pada diri, apakah kamu menyukai pekerjaan yang sekarang? Apakah sudah waktunya untuk naik jabatan? Atau apakah sudah waktunya untuk melamar ke perusahaan lain? Semua pasti memiliki jawabannya. 

Saat berusia 30 tahun, kita tentu memiliki lebih banyak pengalaman dalam bekerja. Hal itu tentu bisa jadi modal untuk terus mengembangkan sayap dalam karier. Namun, jika ingin merasakan pengalaman dan tantangan lain, tidak ada salahnya jika kamu ingin mulai berbisnis dan menjalankan usaha milikmu sendiri. Tapi, jika memang ingin seperti itu, pikirkanlah dengan matang-matang, jangan sampai kamu salah melangkah. Karena dalam menjalankan bisnis, kita tentu butuh keberanian yang besar dan modal yang tidak sedikit. (Siti Asthina – Senior Communication Kinanti Comms)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »