BAZNAS Kota Sawahlunto Salurkan Zakat 400 Juta Lebih ke 352 Orang Mustahiq

BENTENGSUMBAR.COM - BAZNAS Kota Sawahlunto kembali menyalurkan zakat kepada para mustahiq. Untuk penyaluran zakat di bulan September 2021 ini, total zakat yang disalurkan adalah sebesar Rp. 479.450.000,-, yang disalurkan kepada  mustaqik dengan total 352 orang mustahiq (umat muslim yang berhak menerima zakat) tersebut.


Penyaluran zakat dihadiri langsung oleh Walikota Deri Asta. Penyaluran zakat di Kecamatan Lembah Segar dan Kecamatan Silungkang pada Rabu 29 September 2021 ini, sementara Kecamatan Talawi telah dilaksanakan Selasa 28 September 2021 kemaren, untuk Kecamatan Barangin pada Jumat 01 Oktober 2021 nanti. 

Untuk Kecamatan Lembah Segar, total zakat yang disalurkan adalah Rp. 136.050.000,- dengan jumlah mustahiq 97 orang. Kemudian untuk Kecamatan Silungkang  total zakat yang disalurkan adalah Rp. 111.100.000,- dengan jumlah mustahiq 90 orang. 

Sementara bagi Kecamatan Talawi, total zakat yang akan disalurkan adalah Sebesar Rp. 108.350.000,- dengan jumlah mustahiq 53 orang. Kemudian untuk Kecamatan Barangin total zakat yang disalurkan adalah Rp. 123.950.000,- dengan jumlah mustahiq 112 orang. 

Ketua BAZNAS Kota Sawahlunto, Edrizon Effendi, melaporkan bahwa pada penyaluran zakat bulan September ini, mustahiq penerima dibagi dalam 6 kategori. 

"Ada 6 jenis kategori mustahiq. Yaitu bantuan biaya pendidikan, modal usaha, jompo/lansia, biaya berobat, bedah rumah dan masuk listrik," kata Edrizon Effendi, usai penyerahan zakat di Kantor Camat Talawi, Selasa 28 September 2021 kemaren. 

Edrizon Effendi mencontohkan, untuk di Kecamatan Silungkang, sebanyak 17 mustahiq memperoleh zakat untuk biaya pendidikan, kemudian 25 mustahiq memperoleh zakat untuk biaya modal usaha, 2 orang mustahiq memperoleh zakat untuk bedah rumah, 42 orang mustahiq memperoleh zakat untuk biaya hidup jompo/lansia, 2 orang mustahiq memperoleh zakat untuk biaya berobat dan 2 orang mustahiq memperoleh zakat untuk biaya masuk listrik. 

Ditambahkan Edrizon, bahwa BAZNAS Sawahlunto sejak sampai pada pertengahan 2021 ini telah mengumpulkan zakat mal sejumlah Rp. 3 miliar lebih. 

"Kemudian zakat mal yang telah terkumpul itu kita salurkan, sampai Juni 2021 ini itu jumlah zakat yang telah kita salurkan adalah Rp. 2,6 miliar," ujar Edrizon Effendi.

Walikota Sawahlunto Deri Asta,SH yang menghadiri langsung penyaluran zakat di seluruh Kecamatan itu berpesan agar para mustahiq dapat memanfaatkan zakat tersebut sesuai niat dan tujuan permohonan, tidak terjebak untuk menggunakan zakat untuk membeli kebutuhan konsumtif. 

"Sinergi dengan BAZNAS ini kita pertahankan dan tingkatkan terus. Inilah salah satu upaya kita dalam meningkatkan daya manfaat dan daya jangkauan bantuan - bantuan pada masyarakat yang membutuhkan. Untuk yang belum terjangkau oleh Pemko, dibantu dengan BAZNas, atau pun masih belum sempurna bantuan dari Pemko maka disempurnakan dengan zakat dari BAZNas ini," ujar Walikota Deri Asta. (Ochie)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »