Kata Rocky Gerung 600 Warga Sentul Terancam Digusur

BENTENGSUMBAR.COM – Pengamat politik Rocky Gerung membeberkan alasannya mempertahankan lahan yang hendak digusur PT Sentul City Tbk.

Kata Rocky Gerung, dia berjuang untuk memastikan bahwa Pancasila itu menjamin keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Dan itu terutama soal tanah, karena tanah itu adalah daya hidup manusia yang diberikan oleh Tuhan dan supaya terbagi merata,” ucap Rocky Gerung, dikutip Pojoksatu.id dari kanal YouTube Amien Rais Official, Sabtu, 25 September 2021.

“Jadi, sebetulnya penguasaan tanah itu menghina Pancasila, menghina kemanusiaan yang adil dan beradab, menghina ketuhanan yang maha esa,” sambung Rocky.

Mantan dosen Universitas Indonesia itu menegaskan bahwa dia bertahan dan berjuang bukan untuk dirinya semata.

Ia menyebut ada 600 warga Sentul yang juga terancam digusur oleh PT Sentul City Tbk.

“Saya meluruskan ini bukan hanya soal saya. Saya ini soal kecil, ada 600 penduduk di Sentul yang juga terancam,” ucapnya.

“Tapi itu juga bukan sekadar 600 penduduk di Sentul. Itu termasuk kecil dibandingkan dengan ratusan ribu petani di Indonesia yang digusur dengan cara yang semena-mena,” tegas Rocky.

Di Tangerang, kata Rocky, sampai hari petani masih melakukan demo karena lahan mereka yang diwariskan puluhan tahun tiba-tiba dikuasai oleh satu orang.

“Dan satu orang itu menguasai empat blok di Tangerang. Hal yang secara undang-undang itu tidak boleh,” cetus Rocky.

Menurut Rocky, dalam undang-undang tidak dibolehkan seorang individu menguasai lebih dari 20 hektar, sementara yang terjadi di Tangerang itu menguasai ratusan ribu hektar.

“Sekali lagi kita terpaksa berbicara banyak hal dari Sentul Selatan sampai Cina Selatan karena kita percaya bahwa membongkar kejahatan tanah itu artinya memulihkan hak manusia yang paling dasar,” tandas Rocky. (Pojoksatu)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »