Kembalinya Haji Lulung Selamatkan PPP dari Partai Gurem, Kerugian Bagi PAN

BENTENGSUMBAR.COM - Politisi Abraham Lunggana atau dikenal dengan sebutan Haji Lulung kembali merapat ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP) setelah berkiprah selama tiga tahun di Partai Amanat Nasional (PAN).

Pengamat politik Institute for Digital Democracy (IDD) Bambang Arianto, menilai sosok Haji Lulung yang balik kandang, tentu bisa memberikan nilai plus minus.

"Bagi PPP ini jelas akan memberikan angin segar bagi upaya penyelamatan partai," ungkap Bambang kepada BentengSumbar.com pada Kamis, 9 September 2021.

Sebab, jelas Bambang lagi, banyak hasil survei yang memprediksi bahwa untuk 2024 PPP akan sulit melewati prasyarat parliamentary threshold. Artinya PPP bisa diprediksi menjadi partai gurem pada 2024.

"Sedangkan, bagi PAN tentu ini kerugian, karena semakin banyak figur penting yang meninggalkan partai. Terutama sejak hadirnya partai tandingan PAN yaitu partai Ummat besutan Amien Rais," katanya.
 
Perlu diketahui bahwa kontur politik di Indonesia sangat dipengaruhi oleh figur. Artinya, preferensi politik pemilih Indonesia lebih berbasis pada sosok figur bukan pada partai politik.
 
"Artinya, ketika Haji Lulung kembali ke PPP bisa dipastikan ini akan diikuti oleh para pemilih loyalisnya. Meski ada amatan yang menilai bahwa pemilih Haji Lulung akan kecewa dan golput, itukan belum terbukti. Bilapun ada yang kecewa itukan hanya emosional sesaat. Paling kecewanya awal-awal saja. Tapi bagi sekelas Haji Lulung tentu bisa memberikan penjelasan yang masuk akal dan membuat para loyalisnya ikut kembali merapat ke PPP," tukuknya.
 
Soal luka lama Haji Lulung di PPP itukan bukan persoalan substansial dalam politik. Tapi yang penting adalah bagaimana kedepan Haji Lulung bisa mewarnai partai menjadi lebih besar.

"Dulu ketika Haji Lulung pindah ke PAN buktinya para loyalisnya banyak yang merapat ke PAN dan tetap loyal pada sosok Haji Lulung," ujarnya.

Artinya, papar Bambang, sudah sangat tepat bila PPP kembali menyodororkan Haji Lulung sebagai Ketua DPW PPP DKI Jakarta yang artinya bisa menyelamatkan partai dan membuat DPW PPP seluruh Indonesia kembali bergairah untuk membesarkan partai ini.

Laporan: Zamri Yahya

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »