PILIHAN REDAKSI

Perbedaan Jadikan Kekuatan, Ansor Pasbar Gelar Seminar Nasional Moderasi Beragama

BENTENGSUMBAR.COM - Di tengah lesunya gerakan organisasi kepemudaan Islam di Kabupaten Pasaman Barat, Gerakan Pemuda Ansor tern...

Advertorial

Dukung Peternak Unggas, Pemko Sawahlunto Beri Bantuan hingga Jembatani Akses Permodalan

          Dukung Peternak Unggas, Pemko Sawahlunto Beri Bantuan hingga Jembatani Akses Permodalan
Dukung Peternak Unggas, Pemko Sawahlunto Beri Bantuan hingga Jembatani Akses Permodalan
BENTENGSUMBAR.COM - Menciptakan sinergi antara masyarakat peternak unggas dengan akses permodalan/pemasaran, akademisi dan aparatur pemerintahan, Pemko Sawahlunto mempertemukan unsur - unsur tersebut dalam Sosialisasi Pengembangan Ternak Unggas, di Hall Ombilin, pada Senin 15 November 2021 kemaren.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sawahlunto, Heni Purwaningsih, melaporkan kegiatan sosialisasi itu diikuti  sebanyak 70 orang peternak unggas, 30 penyuluh pertanian dan petugas peternakan serta 37 Kepala Desa/Lurah. 

"Untuk narasumber, ini kami mendatangkan dari PT. Rajawali (perusahaan ternak unggas) yang menyampaikan materi tentang program kemitraan bisnis dari ternak unggas ini. Kemudian dari Bank Nagari dengan materi peluang kredit yang berpihak pada usaha ternak unggas ini," ujar Heni. 

Setelah itu, tentang pakan ternak unggas yang mudah dan sehat disampaikan oleh Dosen Fakultas Peternakan Unand, Prof.Dr. Wizna. Sementara materi tentang kesehatan ternak unggas disampaikan drh. Ferry dari Puskeswan DKP3 Sawahlunto.

Heni mencatat, bahwa jumlah populasi unggas petelur di Kota Sawahlunto pada tahun 2020 adalah 47.065 ekor ayam buras, 23.048 ekor  ayam petelur dan 18.654 ekor itik petelur. Sedangkan produksi telur telah mencapai 228,78 ton/tahun. 

"Kalau konsumsi telur di tingkat Provinsi Sumbar itu di angka 76,30 Kg/kapita/tahun, sedangkan konsumsi telur masyarakat di Sawahlunto itu 36,02 Kg/kapita/tahun. Ini menunjukkan masih besar pangsa pasar yang belum dipenuhi oleh produksi telur dari para peternak unggas kita," kata Heni. 

Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta, menyampaikan pada APBD Tahun 2022, Pemko Sawahlunto mengalokasikan anggaran untuk memberikan bantuan ternak berupa kambing untuk 50 Kepala Keluarga (KK) dengan rincian 3 ekor/KK. Kemudian itik dan ayam untuk 20 KK dengan rincian 100 ekor/KK. 

"Ini komitmen Pemko Sawahlunto dalam mendukung pertumbuhan peternakan di Sawahlunto sekaligus mendorong peningkatan perekonomian masyarakat," kata Wali Kota Deri Asta.

Untuk meningkatkan dampak dan jangkauan dari perhatian pada sektor peternakan ini, Wali Kota juga mengajak Pemerintah Desa/Kelurahan untuk turut terlibat aktif melalui alokasi dana di APBDes. 

"Pemerintah Desa dan Kelurahan ini perlu bersama - sama lebih intensif dalam program seperti ini, memberikan bantuan ternak kepada masyarakat. Jadi ada kolaborasi Pemko dengan desa tentu tercapai peningkatan masyarakat yang menerima maupun manfaat yang diperoleh," ujar Wali Kota Deri Asta. 

Laporan: Ochie
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...