Mohammed Bin Salman Izinkan Pohon Natal Tersebar di Seluruh Kerajaan, Arab Saudi Jadi Sorotan

BENTENGSUMBAR.COM – Baru-baru ini, warga Arab Saudi dihebohkan dengan kemunculan pohon Natal yang beberapa di antaranya dihargai sekitar 3.000 dolar yang tersebar di seluruh Kerajaan.

Hal tersebut dikarenakan pihak Kerajaan di bawah Putra Mahkota Mohammed bin Salman telah melegalkan perayaan hari besar tersebut untuk para ekspatriat yang bekerja di sana sejak tahun lalu, salah satunya perayaan Natal.

Di masa lalu, pihak Kerajaan Arab Saudi melarang adanya atribut Natal di wilayah Arab Saudi.

Sehingga, adanya pohon Natal di seluruh Kerajaan Arab Saudi menjadi sorotan.

“Sekarang, keceriaan Natal merayap ke Arab Saudi karena pembatasan sosial dilonggarkan di bawah Putra Mahkota Mohammed bin Salman,” tulis Wall Street Journal, dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari TRT World, Sabtu, 25 Desember 2021.

“Dia ingin warga Arab Saudi bersenang-senang dan menghabiskan lebih banyak uang di rumah dan membutuhkan orang asing untuk menikmati tinggal di sini cukup untuk tinggal dan membantu membangun industri baru yang tidak terkait. untuk minyak," tambahnya.

Menurut laporan, berbagai supermarket di Arab Saudi sekarang penuh dengan pohon Natal, beberapa di antaranya sangat mahal, dan barang-barang obral lainnya yang terkait dengan Natal karena polisi agama negara itu menghindari pembeli Natal.

Pada Oktober lalu, pihak Kerajaan juga mengambil bagian dalam perayaan Halloween, sebuah acara yang berasal dari Anglo-Saxon, yang telah menyebar secara komersial ke beberapa negara lain.

Meskipun telah melegalkan perayaan Natal, namun Kerajaan Arab Saudi masih melarang kehadiran Sinterklas.

“Mereka hanya ketat dengan Sinterklas, dia belum bisa membunyikan loncengnya di Arab Saudi saat ini,” kata seorang penjual pernak-pernik Natal.

Di bawah reformasi baru Mohammed bin Salman, Arab Saudi telah merangkul budaya global yang dipimpin Barat dari bintang pop hingga acara olahraga.

Tetapi tidak jelas apakah perubahan ini hanya gimik semata atau tidak karena kritik terhadap catatan hak asasi manusia negara itu terus menumpuk.

Bulan lalu, penyanyi top asal Kanada, Justin Bieber tampil di Jeddah di depan banyak penonton saat model terkenal seperti Alessandra Ambrosio dan Sara Sampaio mencontohkan desain baru kepada pelanggan dalam peragaan busana.

Arab Saudi juga menjadi tuan rumah Festival Film Laut Merah, yang menayangkan banyak film bahkan dari negara-negara seperti Iran, negara yang berselisih dengan Kerajaan.

Tahun ini, otoritas Arab Saudi bahkan mengizinkan film seperti "Father Christmas Is Back" untuk diputar di kerajaan.

Sejak 2018 lalu, bioskop di seluruh Arab Saudi telah diizinkan untuk memutar film internasional.

Beberapa intelektual Muslim telah lama mengkritik perubahan Arab Saudi di bawah Putra Mahkota Mohammed bin Salman sebagai dekoratif.

“Perubahan yang dilakukan Putra Mahkota tidak memperdulikan nilai-nilai dan adat-istiadat warga biasa dan telah menghadapi perlawanan rakyat,” menurut Serif Mardin, seorang intelektual Turki terkemuka.

"Itu mengarah pada munculnya kelompok-kelompok yang diilhami agama di seluruh dunia Muslim,” tambahnya. (PikiranRakyat-Bekasi)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »