Advertorial

Daerah

Walikota Pariaman Genius Umar Terima Penghargaan Innovation Government Award 2021

          Walikota Pariaman Genius Umar Terima Penghargaan Innovation Government Award 2021
Walikota Pariaman Genius Umar Terima Penghargaan Innovation Government Award 2021
BENTENGSUMBAR.COM - Pada Rabu, 29 Desember 2021 telah diumumkan para pemenang Innovation Government Award – IGA 2021 yang diselenggarakan secara hybrid oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Pusat Kemendagri.

Provinsi Sumatera Barat sebagai pemenang IGA 2021 kategori Provinsi Sangat Inovatif. Sementara Kota Pariaman dan Kota Padang Panjang sebagai pemenang IGA 2021 Kategori Kota Sangat Inovatif.

Penghargaan berupa piagam dan trofi itu diberikan langsung oleh Dirjen Otonomi Daerah – Dr Akmal Malik kepada Walikota Pariaman – Dr. Genius Umar, S.Sos.,M.Si. Selanjutnya, daerah yang menerima penghargaan itu akan diusulkan Kemendagri untuk memperoleh Dana Insentif Daerah (DID) dari Kementerian Keuangan di bidang inovasi daerah.

Inovasi Kota Pariaman antara lain: 1) Saga Saja – Satu Keluarga Satu Sarjana, 2) Badoncek dan Sedekah Pagi dan 3) Ternak Aman, Peternak Nyaman.

IGA 2021 merupakan apresiasi pemerintah pusat atas komitmen daerah yang senantiasa berupaya melakukan inovasi.

Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan penilaian Indeks Inovasi Daerah yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Terdapat empat tahapan yang harus dilalui dalam penilaian tersebut, yakni tahapan penjaringan, tahapan pengukuran, tahapan penilaian, dan  validasi lapangan.

Sebagai informasi, berikut daftar daerah yang menerima penghargaan IGA Tahun 2021:

1. Kategori Provinsi Sangat Inovatif: Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Jambi dan Banten.

2. Kategori Kota Sangat Inovatif: Kota Bandung dan Kota Pekanbaru

3. Kategori Kabupaten Sangat Inovatif: Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Malang, Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

4. Kategori Daerah Perbatasan Inovatif: Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Bolaang Mongondow.

5. Kategori Provinsi Terinovatif: Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, dan Provinsi Jawa Timur.

6. Kategori Kabupaten Terinovatif: Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Bogor, Kabupaten Tabalong, Kabupaten Tegal, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Tanggamus, dan Kabupaten Bojonegoro.

7. Kategori Kota Terinovatif: Kota Surabaya, Kota Singkawang, Kota Padang Panjang, Kota Tangerang, Kota Cimahi, Kota Yogyakarta, Kota Makassar, Kota Mojokerto, Kota Probolinggo, dan Kota Pariaman.

8. Kategori Daerah Perbatasan Terinovatif: Kabupaten Pulau Morotai, Kabupaten Bintan, dan Kabupaten Sambas.

9. Kategori Daerah Tertinggal Terinovatif: Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Belu, dan Kabupaten Nabire.

Laporan: H. Ali Akbar
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »