PILIHAN REDAKSI

Irwan Basir Hadiri Halal Bi Halal Surau Kariang Kelurahan Sungai Sapih

BENTENGSUMBAR.COM - Halal Bi Halal bisa meningkatkan ukhuwah Islamiyah di antara sesama umat muslim untuk membangun jembatan ha...

Advertorial

DP3AKB Kota Pariaman Sosialisasikan PUG kepada Pokja PUG

          DP3AKB Kota Pariaman Sosialisasikan PUG kepada Pokja PUG
DP3AKB Kota Pariaman Sosialisasikan PUG kepada Pokja PUG
BENTENGSUMBAR.COM - Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pariaman,  menggelar Sosialisasi Pengarusutamaan Gender (PUG) Bagi Kelompok Kerja (Pokja) PUG, termasuk  Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG).

Pelaksanaan Kebijakan Sosialisasi PUG dan Pokja PUG ini disusun sesuai dengan SK Walikota Pariaman Genius Umar, yang sudah disampaikan diawal tahun 2022. 

Dalam SK tersebut sudah termasuk tentang pembentukan Pokja PUG, dan sudah ditanda tangani oleh Walikota Pariaman.

Hal tersebut disampaikan  Kepala Dinas P3AKB Kota Pariaman Gusniyetti Zaunit,   di Balairung Rumah Dinas Walikota Pariaman, Senin (28/3).

Menurut Gusniyetti Zaunit, PUG tersebut merupakan strategi pembangunan pemberdayaan perempuan, yang implementasinya melalui prinsip kesetaraan dan keadilan gender yang harus menjadi dasar dalam setiap kebijakan dalam pembangunan.

“Gender disini artinya bukanlah jenis kelamin, perempuan, atau urusan yang berkaitan dengan perempuan, akan tetapi gender di PUG ini berarti perbedaan peran dan tanggung jawab perempuan dan laki-laki yang dibentuk oleh masyarakat dan bersifat dinamis,” terang Gusniyetti Zaunit.

Sedangkan kesetaraan gender disini berarti kesamaan kondisi bagi laki-laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan serta haknya sebagai manusia agar mampu berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan politik, hukum, ekonomi, sosial budaya, pendidikan serta menikmati hasil pembangunan.

“Jadi ketika merencanakan program dan kegiatan, pastikan bahwa pembangunan itu juga dapat dinikmati oleh perempuan, lansia perempuan dan laki-laki maupun anak perempuan dan laki-laki. Sedangkan hal yang berkaitan dengan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) yang terdiri dari isu-isu gender, analisis gender maupun yang lainnya, nanti akan dilanjutan pada pelaksanaan pelatihan PPRG, yang rencananya akan dilaksanakan pada hari Rabu (30/3),” jelasnya.

Terkait dengan pelatihan penyusunan anggaran responsive gender diikuti oleh Pokja UPG, dan dikhususkan kepada Kasubag Umum di tiap OPD. Untuk Narasumbernya akan disampaikan oleh Ketua Pokja UPG yang dijabat oleh Fadli, Kepala BAPEDDA Kota Pariaman. (tachi/AT)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »