PILIHAN REDAKSI

Komisi VIII Heran UAS Ditolak Masuk: Apa Singapura Musuhi Umat Islam Indonesia?

BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto mempertanyakan sikap Singapura yang menolak Ustaz Abdul Somad (UAS)...

Advertorial

Wagub Sumbar Apresiasi Samsat Dharmasraya Alami Kenaikan Pendapatan Pajak

          Wagub Sumbar Apresiasi Samsat Dharmasraya Alami Kenaikan Pendapatan Pajak
Wagub Sumbar Apresiasi Samsat Dharmasraya Alami Kenaikan Pendapatan Pajak
BENTENGSUMBAR.COM - Penerimaan pajak kendaraan di Dharmasraya terus mengalami peningkatan cukup signifikan baik dalam jumlah nominal maupun persentase. 

Tertarik dengan peningkatan itu, Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy berkunjung ke ke Kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah Samsat (UPTD) Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Dharmasraya, Senin (11/4/2022). 

Secara langsung, orang nomor dua di Sumbar ini melihat bagaimana pelayanan pembayaran pajak kendaraan melalui Samsat di Dharmasraya. "Samsat disini memiliki pendekatan pada pemilik kendaraan mendorong untuk tertib bayar pajak dan mempermudah layanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahunan," kata Audy Joinaldy.

Menurut Audy kuncinya adalah memudahkan layanan bagi pembayaran PKB, termasuk akses informasi adanya keuntungan tertib membayar pajak. "Sekarang sudah ada e-Samsat dan samsat keliling. Selain Samsat disini juga rutin menjadwalkan pelayanan Samsat keliling di seluruh nagari untuk menjangkau masyarakat secara keseluruhan terutama yang tinggalnya di pelosok Dharmasraya," terangnya.

Pada kesempatan itu, Wagub Sumbar berikan apresiasi keberhasilan Samsat Dharmasraya yang telah berbuat dan berkontribusi untuk negara. 

Pajak kendaraan merupakan iuran wajib yang harus dikeluarkan setiap orang karena kepemilikannya atas suatu kendaraan baik mobil maupun motor. "Mudah-mudahan ini menjadi contoh bagi daerah lain," ucapnya.

Kepala UPTD Samsat Dharmasraya Rahmad, SE menjelaskan, prosedur pelayanan pembayaran pajak kendaraan di samsat nagari, sama dengan pelayanan di UPTD Samsat. "Masyarakat yang akan membayar pajak kendaraan harus membawa syarat-syarat untuk membayar pajak seperti biasa.

Meskipun samsat nagari telah dioperasikan, namun samsat keliling yang selama ini melayani pembayaran pajak kendaraan tahunan bagi masyarakat tetap beroperasi.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Dharmasraya Iptu Sayyid Malik Ibrahim menambahkan pembayaran PKB untuk pembayaran pajak bisa dilakukan dengan sangat mudah bahkan tidak harus mengantri di kantor Samsat setempat. "Masyarakat bisa bayar pajak secara online, selain itu kami juga rutin pelayanan Samsat keliling di seluruh nagari," tambahnya.

Hadir mendampingi Wagub Sumbar dalam peninjauan tersebut kepala Bapenda Sumbar, Maswar Dedi, Kepala Dispora Sumbar Dedy Diantolani, Kepala Dinas Sosial Arry Yuswandi dan beberapa OPD lainnya. (nov)

#Dinas Kominfotik Sumbar
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »